Banyak Keuntungan Investasi Saat Lebaran

Banyak Keuntungan Investasi Saat Lebaran

Satu hal yang sering ditinggalkan di tengah hari raya Idul Fitri adalah berinvestasi. Saya begitu asyik dengan hiruk-pikuk perayaan Idul Fitri hingga keuangan pun terabaikan. Sebenarnya, kamu bisa santai dan masa depan akan terjamin jika kondisi keuangan aman. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan menabung atau berinvestasi. Meski masa perayaan Idul Fitri sudah usai, kegiatan investasi tidak boleh dilupakan begitu saja. Karena itu, jangan investasikan semua uang kamu untuk Idul Fitri, oke? Simpan sedikit uang untuk diinvestasikan.

1. Membantu Keuangan Tetap Stabil Pasca Lebaran

Berapa jumlah yang kamu habiskan untuk merayakan Idul Fitri di masa lalu? Tidak apa-apa untuk memiliki sedikit kilas balik untuk mengingatkan diri sendiri bahwa kamu berada di posisi yang tepat untuk merencanakan anggaran kamu dalam persiapan untuk Idul Fitri yang akan datang. Jika jumlah yang kamu keluarkan tahun lalu banyak atau bahkan mengharuskan kamu mengambil pinjaman, jangan ulangi kesalahan yang sama. Rencanakan anggaran kamu sedemikian rupa sehingga kebutuhan dasar Idul Fitri terpenuhi, tetapi ada banyak uang yang tersisa untuk diinvestasikan. Jika kamu berinvestasi, itu akan memastikan keuangan kamu stabil setelah Idul Fitri. Meski Lebaran sudah berlalu tapi bukan berarti tabunganmu juga habis, kan? Inilah alasan mengapa kamu harus tetap berinvestasi, bahkan selama Idul Fitri.

2. Bisa meringankan beban pikiran.

REKOMENDASI:  Investasi Saham, Pilihan Investasi Yang Bagus Bagi Pasangan Baru

Tidak dapat disangkal bahwa sumber daya keuangan yang memadai mempengaruhi keadaan psikologis seseorang. Tanpa uang, emosi menjadi kacau. Kebalikannya dengan adanya uang, pikiran akan tentram. Tentu, itu bukan hanya ketika itu uang tunai. Sekalipun uang itu telah dimasukkan ke dalam investasi, tetap saja itu akan membuat stres di pikiran kamu lebih ringan, terlepas dari berapa banyak yang kamu belanjakan selama Idul Fitri. Itu masih uang sebagai investasi.

3. Menambah jumlah aset yang dimiliki

Pernahkah kamu berpikir untuk membeli emas atau kendaraan pribadi setelah Idul Fitri? kamu dapat memenuhi keinginan ini jika kamu bersedia menginvestasikan sejumlah uang. Jangan gunakan gaji dan THR untuk merayakan Idul Fitri. Pastikan kamu menyisihkan 40-50 persen dari THR kamu untuk diinvestasikan. Jika kamu mencari sesuatu yang tersedia untuk dibeli, misalnya emas batangan, itu bisa mewakili aset yang akan membutuhkan uang tunai kapan saja kamu juga dapat menjual aset untuk membayar semua pengeluaran kamu.

Tips Berinvestasi Saat Lebaran

1. Cukup Penuhi Kebutuhan Utama Lebaran Selebihnya Untuk Investasi

Pada bagian sebelumnya, anggaran untuk investasi dibuat dengan menggunakan dana THR. Setelah kebutuhan primer Lebaran terpenuhi, kamu bisa memasukkan dana untuk mendanai investasi. Tentukan persyaratan utama untuk Idul Fitri. Karena tidak semua persyaratan diperlukan. Bisa jadi karena keinginan sendiri, yang kemudian dibeli. Persyaratan utama untuk lebaran biasanya zakat pakaian, makanan, tiket pakaian untuk pembagian THR mudik kepada anggota keluarga, dan sebagainya. Untuk memenuhi semua persyaratan ini, gunakan uang dari THR dan pendapatan bulanan untuk berinvestasi dalam instrumen investasi.

REKOMENDASI:  Tips Bisnis Properti Tanpa Modal

2. Jangan lupa untuk terus membayar Hutang sampai kamu Dibayar

Sebelum berinvestasi atau mulai menabung, kamu harus terlebih dahulu memastikan bahwa semua hutang sudah lunas agar uang tunai yang disimpan tidak diambil karena kewajiban yang harus dibayar. Pastikan untuk membayar hutang secara teratur agar tidak menumpuk sehingga kamu bebas dari beban biaya bunga dan denda atas keterlambatan pembayaran.

3. Hindari Kebiasaan Belanja Berlebihan

Apakah kamu penggemar belanja? Sementara itu, kurangi kebiasaan belanja kamu sehingga kamu bisa menabung untuk uang Idul Fitri yang terbaik. Buat daftar lengkap kebutuhan kamu untuk digunakan sebagai panduan saat kamu berbelanja di masa depan. Perhatikan apa saja nama barang yang tertera pada daftar tersebut agar pengeluaran rutin lebih banyak dari yang kamu butuhkan.

Lebaran bukanlah peristiwa yang perlu dikhawatirkan, atau bahkan dikhawatirkan jika dana tidak cukup untuk menutupi kebutuhan. Makanya penting untuk mengambil pinjaman di sana-sini untuk membantu memenuhi kebutuhan Lebaran. Ini juga merupakan alasan untuk tidak memiliki dana untuk memastikan keamanan finansial dalam waktu dekat. Jam berapa untuk terus berinvestasi, bahkan saat Idul Fitri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.