Aspek Penyesuaian Diri Menurut Scheneiders

Pendahuluan

Penyesuaian diri adalah kemampuan seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungan dan situasi yang baru. Scheneiders membagi penyesuaian diri menjadi dua aspek yaitu penyesuaian diri internal dan eksternal. Penyesuaian diri internal berkaitan dengan perubahan yang terjadi pada diri individu, sedangkan penyesuaian diri eksternal berkaitan dengan perubahan yang terjadi pada lingkungan sekitar.

Penyesuaian Diri Internal

Penyesuaian diri internal mencakup beberapa aspek yaitu:

1. Kematangan Emosi

Kematangan emosi adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan emosi dan mengekspresikannya dengan tepat. Seseorang yang sudah matang emosinya akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

2. Kepribadian

Kepribadian adalah karakteristik bawaan atau hasil dari pengalaman hidup seseorang yang membentuk perilaku dan pola pikir. Seseorang yang memiliki kepribadian yang baik akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan situasi dan lingkungan yang baru.

3. Kompetensi Sosial

Kompetensi sosial adalah kemampuan seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain dan menjalin hubungan sosial yang baik. Seseorang yang memiliki kompetensi sosial yang baik akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru.

4. Motivasi

Motivasi adalah dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau mencapai tujuan tertentu. Seseorang yang memiliki motivasi yang tinggi akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru.

Penyesuaian Diri Eksternal

Penyesuaian diri eksternal mencakup beberapa aspek yaitu:

1. Pengalaman dan Pendidikan

Pengalaman dan pendidikan yang dimiliki seseorang akan mempengaruhi kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru.

2. Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial yang dimiliki seseorang juga mempengaruhi kemampuannya untuk menyesuaikan diri. Lingkungan yang mendukung dan positif akan memudahkan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru.

3. Tekanan Lingkungan

Tekanan lingkungan dapat menjadi kendala dalam penyesuaian diri. Seseorang yang tidak dapat mengatasi tekanan lingkungan akan kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru.

4. Kondisi Fisik

Kondisi fisik seseorang juga mempengaruhi penyesuaian diri. Seseorang yang sehat secara fisik akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan penyesuaian diri?

Penyesuaian diri adalah kemampuan seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungan dan situasi yang baru.

2. Bagaimana cara meningkatkan penyesuaian diri?

Penyesuaian diri dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kematangan emosi, kepribadian, kompetensi sosial, motivasi, pengalaman dan pendidikan, lingkungan sosial yang mendukung, mengatasi tekanan lingkungan, dan menjaga kondisi fisik.

3. Apa saja aspek penyesuaian diri menurut Scheneiders?

Aspek penyesuaian diri menurut Scheneiders terbagi menjadi penyesuaian diri internal dan eksternal. Penyesuaian diri internal berkaitan dengan perubahan yang terjadi pada diri individu, sedangkan penyesuaian diri eksternal berkaitan dengan perubahan yang terjadi pada lingkungan sekitar.

Kesimpulan

Penyesuaian diri merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Dalam penyesuaian diri, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan seperti kematangan emosi, kepribadian, kompetensi sosial, motivasi, pengalaman dan pendidikan, lingkungan sosial, tekanan lingkungan, dan kondisi fisik. Dengan meningkatkan aspek-aspek tersebut, seseorang akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru.Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya.