Aplikasi Shazam Untuk Mencari Judul Lagu

Shazam adalah aplikasi seluler yang dapat mengidentifikasi lagu dan memberikan informasi tentang artis. Aplikasi ini dibuat di Inggris oleh Andrew Fisher, Chris Barton, dan Philip Inghelbrecht pada tahun 2002. Ini pertama kali dirilis pada platform Blackberry dan kemudian di-porting ke platform lain. Shazam dapat mengidentifikasi lagu yang diputar di radio, TV, atau di tempat umum. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menandai teman di postingan dengan lirik lagu. Pada Maret 2019, Apple mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi Shazam seharga $400 juta.

Shazam: Pencari judul lagu
Shazam: Pencari judul lagu
Developer: Apple Inc.
Price: Free

Sejak diluncurkan pada tahun 2002, aplikasi Shazam telah menjadi pilihan bagi pecinta musik dari semua jenis. Aplikasi ini mudah digunakan: cukup buka dan tekan tombol “Shazam” biru besar, dan aplikasi akan melakukan tugasnya. Dalam hitungan detik, Anda akan memiliki judul dan artis lagu yang diputar di latar belakang, serta daftar lagu serupa yang juga dapat Anda nikmati.

Aplikasi Shazam telah berkembang jauh sejak awal. Selain mengidentifikasi lagu, aplikasi sekarang dapat digunakan untuk membeli dan mengunduh musik, menonton video musik, dan mendengarkan stasiun radio streaming. Anda bahkan dapat menggunakan Shazam untuk mengidentifikasi acara TV dan iklan! Pembaruan terbaru untuk aplikasi Shazam mencakup beberapa fitur baru yang hebat.

Keunggulan Aplikasi Shazam

Ketika berbicara tentang musik, kebanyakan orang ingin dapat menemukan judul lagu dengan cepat dan mudah. Ada sejumlah cara berbeda untuk melakukan ini, tetapi salah satu yang tercepat dan termudah adalah melalui aplikasi Shazam. Aplikasi Shazam memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan metode lain. Misalnya, cepat dan mudah digunakan. Anda cukup membuka aplikasi, tekan tombol yang bertuliskan “beri nama lagu itu”, lalu dekatkan ponsel Anda ke speaker. Aplikasi akan mendengarkan lagu selama beberapa detik dan kemudian memberi tahu Anda apa nama lagunya. Itu juga dapat digunakan secara offline. Ini berarti Anda tidak harus terhubung ke internet untuk menggunakannya. Anda cukup membuka aplikasi dan mulai mencari judul lagu.

Bagi siapa saja yang menyukai musik, aplikasi Shazam adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi lagu apa pun yang mereka dengarkan dalam hitungan detik. Hanya dengan beberapa ketukan di layar, mereka dapat melihat judul lagu, artis, dan informasi album. Ini tidak hanya bagus untuk pecinta musik, tetapi juga berguna bagi orang-orang yang bekerja di industri musik.

Aplikasi Shazam memiliki banyak keunggulan dibandingkan aplikasi identifikasi lagu lainnya. Salah satu keuntungan terbesar adalah ia memiliki salah satu database lagu terbesar. Ini juga termasuk lirik untuk semua lagu dalam database-nya. Pengguna bahkan dapat menonton video musik untuk lagu yang mereka identifikasi melalui aplikasi ini.

Perbedaan Aplikasi Shazam Dibandingkan Dengan Aplikasi Lainnya

Shazam adalah aplikasi identifikasi musik yang dapat mengidentifikasi judul lagu dan artis hanya dengan mendengarkan klip lagu selama beberapa detik. Shazam adalah salah satu aplikasi identifikasi musik paling populer dan telah ada sejak 2002. Aplikasi identifikasi musik lainnya termasuk SoundHound, MusixMatch, dan Midomi.

Semua aplikasi ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama – mereka memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi lagu dengan mendengarkan klip lagu. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara aplikasi ini. Satu perbedaan utama adalah bahwa Shazam telah ada lebih lama daripada aplikasi lain mana pun dan karenanya memiliki lebih banyak waktu untuk mengumpulkan pengguna dan data. Ini memberi Shazam keunggulan dalam hal mengidentifikasi lagu – ia memiliki basis data yang lebih besar daripada aplikasi lain mana pun.