Apa Yang Membedakan Akta Pendirian Dan Akta Penyesuaian

Pengertian Akta Pendirian

Akta pendirian adalah dokumen resmi yang dibuat untuk mendirikan suatu badan usaha. Dokumen ini berisi tentang identitas pemilik bisnis, tujuan pendirian, struktur organisasi, jumlah modal, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pendirian perusahaan.

Pengertian Akta Penyesuaian

Akta penyesuaian adalah dokumen resmi yang dibuat untuk melakukan perubahan terhadap dokumen pendirian. Perubahan yang dimaksud dapat berupa perubahan alamat perusahaan, perubahan pengurus, atau perubahan modal perusahaan.

Perbedaan Antara Akta Pendirian dan Akta Penyesuaian

1. Fungsi

Akta pendirian difungsikan untuk mendirikan badan usaha, sedangkan akta penyesuaian berfungsi untuk melakukan perubahan terhadap badan usaha yang sudah didirikan.

2. Waktu Pembuatan

Akta pendirian dibuat ketika badan usaha akan didirikan, sedangkan akta penyesuaian dibuat ketika badan usaha sudah beroperasi dan membutuhkan perubahan tertentu.

3. Materi yang Diatur

Akta pendirian mengatur tentang identitas pemilik bisnis, tujuan pendirian, struktur organisasi, jumlah modal, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pendirian perusahaan. Sedangkan akta penyesuaian mengatur tentang perubahan tertentu yang terjadi pada badan usaha.

4. Biaya Pembuatan

Biaya pembuatan akta pendirian biasanya lebih mahal dibandingkan dengan biaya pembuatan akta penyesuaian, karena akta pendirian memerlukan banyak materi dan perlu dipersiapkan secara matang sebelum didaftarkan ke instansi terkait.

5. Pengesahan

Akta pendirian harus mendapatkan pengesahan dari notaris dan Kementerian Hukum dan HAM, sedangkan akta penyesuaian hanya perlu mendapatkan pengesahan dari notaris.

6. Pengaruh Terhadap Badan Usaha

Perubahan yang diatur dalam akta penyesuaian dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap badan usaha, karena dapat memperbaiki kekurangan yang ada, meningkatkan kinerja perusahaan, dan memperkuat posisi di pasar. Sedangkan akta pendirian hanya menentukan dasar-dasar pendirian badan usaha.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang harus dilakukan jika ingin membuat badan usaha?

Kamu harus membuat akta pendirian untuk mendirikan badan usaha tersebut. Akta pendirian harus dibuat oleh notaris dan didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM.

2. Apa yang harus dilakukan jika ingin melakukan perubahan pada badan usaha yang sudah didirikan?

Kamu harus membuat akta penyesuaian untuk melakukan perubahan tersebut. Akta penyesuaian harus dibuat oleh notaris dan didaftarkan ke instansi terkait.

3. Apakah akta pendirian dan akta penyesuaian perlu disimpan?

Ya, kedua dokumen tersebut perlu disimpan karena dapat digunakan sebagai bukti pendirian dan perubahan pada badan usaha.

4. Berapa biaya pembuatan akta pendirian?

Biaya pembuatan akta pendirian dapat berbeda-beda tergantung dari notaris yang dipilih dan besarnya modal yang akan disetor.

5. Apakah pengesahan akta pendirian dan akta penyesuaian bisa dibatalkan?

Tidak, pengesahan kedua dokumen tersebut bersifat final dan tidak dapat dibatalkan. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan dokumen tersebut dengan baik sebelum didaftarkan ke instansi terkait.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa akta pendirian dan akta penyesuaian memiliki perbedaan terutama dari segi fungsi dan waktu pembuatan. Namun, kedua dokumen tersebut memiliki peranan yang penting dalam mendirikan dan mengelola badan usaha, sehingga perlu disiapkan dengan baik dan dipahami dengan benar.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya yang telah kami sediakan.