Apa Nama Gelombang Laut Besar Yang Biasanya Terjadi Setelah Gampa Bumi?

Laut adalah kumpulan air yang sangat luas di permukaan bumi yang membelah atau menghubungkan satu benua atau pulau dengan yang lain. Meskipun lautnya sangat besar, itu disebut samudra, dan samudra menutupi sekitar 71 persen permukaan bumi. Jika kamu perhatikan dengan seksama, kamu akan melihat bahwa air laut bergerak dalam bentuk gelombang laut dan arus laut.

Tekanan permukaan yang disebabkan oleh angin pada permukaan laut dikenal sebagai gelombang laut. Gelombang adalah contoh perubahan yang terjadi antara air dan pasir, angin dan pasir, dan angin dan air. Bahkan hembusan angin sekecil apa pun dapat menghasilkan riak gelombang, dan ketika badai melanda, gelombang besar dapat terjadi, seperti halnya gempa bumi di dasar laut. Jika gempa cukup kuat akan menimbulkan gelombang besar yang disebut tsunami, seperti yang terjadi di Aceh (2004) dan Pangandaran, Jawa Barat (2006). Ledakan gunung berapi di dasar laut juga dapat menimbulkan gelombang, seperti yang terjadi pada Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Manfaat arus laut dalam kehidupan sehari-hari

1. Pelayaran

Di bidang pelayaran, pengetahuan tentang arus laut sangat penting untuk keselamatan dan kelancaran pengoperasian kapal. Ini berlaku untuk semua ukuran kapal, besar dan kecil, termasuk bahkan yang berteknologi mutakhir.

2. Perikanan

Pergerakan plankton dipengaruhi oleh pergerakan air laut (fitoplankton). Wilayah laut yang dihuni oleh plankton seringkali juga dihuni oleh sejumlah besar ikan, oleh karena itu informasi tentang arus laut ini sangat penting bagi nelayan yang ingin mengoptimalkan hasil tangkapannya.

3. Daya (pembangkit listrik)

Fasilitas listrik di negara-negara tertentu di seluruh dunia, seperti Belanda dan Prancis menggunakan arus laut sebagai sumber energi. Sementara itu, di Indonesia, inisiatif ini sedang diuji.

4. Budidaya di laut

Berbagai praktik pertanian laut, seperti budidaya rumput laut, budidaya kerang, budidaya mutiara, dan lain-lain, memanfaatkan informasi aliran air laut untuk meningkatkan pertumbuhan pertanian sekaligus meminimalkan gagal panen karena terbawa arus laut.

5. Perjalanan dan pariwisata

Selancar, mendayung, menyelam, kompetisi perahu layar, dan primadona wisata air laut lainnya sangat memperhatikan arus dan ombak laut untuk mengurangi risiko ketika berpartisipasi dalam olahraga yang menyenangkan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.