Apa Bedanya Penyesuian Diri Dengan Penyesuaian Sosial

Penyesuaian diri dan penyesuaian sosial adalah dua hal yang seringkali dipertukarkan. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut ini akan dijelaskan secara detail mengenai perbedaan antara penyesuaian diri dan penyesuaian sosial.

Penyesuaian Diri

Penyesuaian diri mengacu pada kemampuan individu untuk beradaptasi dengan situasi yang baru dan berubah. Penyesuaian diri merupakan proses internal yang melibatkan perubahan dalam pikiran, emosi, dan perilaku seseorang untuk menciptakan kesesuaian dengan lingkungan baru.

Contoh Penyesuaian Diri

Seorang mahasiswa yang pindah ke kota baru untuk kuliah, harus melakukan penyesuaian diri agar bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Ia harus mengubah rutinitas harian, menyesuaikan diri dengan budaya kota baru, mencari teman baru, dan menyesuaikan diri dengan kuliah dan tugas-tugas yang lebih berat.

Penyesuaian Sosial

Penyesuaian sosial mengacu pada kemampuan seseorang untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain dalam lingkungan sosial tertentu. Penyesuaian sosial merupakan proses eksternal yang melibatkan hubungan dan interaksi antara individu dengan lingkungan sosialnya.

Contoh Penyesuaian Sosial

Seorang karyawan baru yang bekerja di perusahaan baru, harus melakukan penyesuaian sosial agar bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan di perusahaan tersebut. Ia harus mencari tahu kebiasaan dan budaya di perusahaan tersebut, berbicara dengan sopan dan ramah, dan menghormati rekan kerja dan atasan.

Perbedaan Antara Penyesuaian Diri dan Penyesuaian Sosial

Meskipun terdapat kemiripan antara penyesuaian diri dan penyesuaian sosial, namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, diantaranya:

1. Fokus

Penyesuaian diri berfokus pada individu dan perubahan dalam diri individu itu sendiri, sedangkan penyesuaian sosial berfokus pada hubungan dan interaksi sosial individu dengan lingkungannya.

2. Proses

Penyesuaian diri merupakan proses internal yang melibatkan perubahan dalam pikiran, emosi, dan perilaku seseorang, sedangkan penyesuaian sosial merupakan proses eksternal yang melibatkan hubungan dan interaksi antara individu dengan lingkungan sosialnya.

3. Tujuan

Tujuan dari penyesuaian diri adalah untuk menciptakan kesesuaian dengan lingkungan baru, sementara tujuan dari penyesuaian sosial adalah untuk dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dalam lingkungan sosial tertentu.

4. Faktor yang Mempengaruhi

Faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri adalah karakteristik individu seperti kepribadian, kemampuan, pengalaman sebelumnya, sementara faktor yang mempengaruhi penyesuaian sosial adalah lingkungan sosial seperti budaya, norma, nilai, dan tata cara.

 

5. Lingkup

Penyesuaian diri bersifat individual dan terbatas pada individu itu sendiri, sedangkan penyesuaian sosial bersifat kolektif dan melibatkan individu dan lingkungan sosialnya.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan penyesuaian diri?

Penyesuaian diri adalah kemampuan individu untuk beradaptasi dengan situasi yang baru dan berubah, melalui perubahan dalam pikiran, emosi, dan perilaku seseorang untuk menciptakan kesesuaian dengan lingkungan baru.

2. Apa yang dimaksud dengan penyesuaian sosial?

Penyesuaian sosial adalah kemampuan seseorang untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain dalam lingkungan sosial tertentu, melalui hubungan dan interaksi antara individu dengan lingkungan sosialnya.

3. Apa perbedaan antara penyesuaian diri dan penyesuaian sosial?

Penyesuaian diri berfokus pada individu dan perubahan dalam diri individu itu sendiri, sedangkan penyesuaian sosial berfokus pada hubungan dan interaksi sosial individu dengan lingkungannya. Penyesuaian diri merupakan proses internal, sementara penyesuaian sosial merupakan proses eksternal. Tujuan dari penyesuaian diri adalah untuk menciptakan kesesuaian dengan lingkungan baru, sementara tujuan dari penyesuaian sosial adalah untuk dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dalam lingkungan sosial tertentu.

4. Apa faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri?

Faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri adalah karakteristik individu seperti kepribadian, kemampuan, pengalaman sebelumnya.

5. Apa faktor yang mempengaruhi penyesuaian sosial?

Faktor yang mempengaruhi penyesuaian sosial adalah lingkungan sosial seperti budaya, norma, nilai, dan tata cara.

6. Apa contoh penyesuaian diri dan penyesuaian sosial?

Contoh penyesuaian diri adalah seorang mahasiswa yang pindah ke kota baru untuk kuliah, harus melakukan penyesuaian diri agar bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Contoh penyesuaian sosial adalah seorang karyawan baru yang bekerja di perusahaan baru, harus melakukan penyesuaian sosial agar bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan di perusahaan tersebut.

7. Apa perbedaan lingkup antara penyesuaian diri dan penyesuaian sosial?

Penyesuaian diri bersifat individual dan terbatas pada individu itu sendiri, sedangkan penyesuaian sosial bersifat kolektif dan melibatkan individu dan lingkungan sosialnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penyesuaian diri dan penyesuaian sosial memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Penyesuaian diri merupakan proses internal yang melibatkan perubahan dalam pikiran, emosi, dan perilaku seseorang untuk menciptakan kesesuaian dengan lingkungan baru, sedangkan penyesuaian sosial merupakan proses eksternal yang melibatkan hubungan dan interaksi antara individu dengan lingkungan sosialnya untuk dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dalam lingkungan sosial tertentu.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel lainnya di website kami.