9 Varietas Tanaman Aquascape Tanpa CO2 dan Perawatannya Mudah, Cocok Untuk Pemula

9 Varietas Tanaman Aquascape Tanpa CO2 dan Perawatannya Mudah, Cocok Untuk Pemula

Tanaman aquascape yang tidak mengandung CO2 banyak diincar oleh mereka yang ingin menghias akuariumnya. Tentu saja, selain ikan hias sangat penting dalam akuarium. Namun, komponen lain seperti tanaman tidak kalah pentingnya.

Beragam jenis tanaman aquascape dengan CO2 ini tidak hanya digunakan sebagai penghias akuarium tetapi juga berfungsi sebagai tempat tinggal atau menyembunyikan ikan. Ini adalah alasan mengapa mereka sangat penting dalam akuarium.

Jenis aquascape tanpa CO2 ini sangat ideal bagi mereka yang baru memulai karena perawatannya yang mudah. Sementara banyak tanaman membutuhkan CO2 untuk fotosintesis, beberapa spesies tidak membutuhkan CO2. Dengan cara ini, kamu dapat membuat akuarium yang lebih menarik dan aman bagi ikan untuk ditinggali.

Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2

1. Java Moss

Jenis aquascape yang paling umum dan tidak memerlukan CO2 dan dapat dimanfaatkan adalah Java Moss. Memiliki bentuk yang sangat mirip dengan rumput laut, namun Java moss memiliki rona hijau cerah. Ini adalah tanaman yang indah. Tanaman Java Moss merupakan salah satu jenis aquascape yang mudah ditemukan karena jenis aquascape yang tidak mengandung CO2 ini biasanya terdapat di bebatuan atau kayu apung.

Perawatan Java Moss tidak terlalu sulit. Ini dapat berkembang dalam setiap jenis cahaya dan tumbuh subur dengan suhu antara 21 dan 24 derajat Celcius. Ikan-ikan kecil sangat menyukai lumut Jawa sebagai tempat berteduh dan bersembunyi.

2. Lilaeopsis

Jenis aquascape berikutnya yang tidak membutuhkan karbon dioksida adalah Lilaeopsis. Lilaeopsis adalah tanaman air yang memiliki bentuk seperti rumput-rumputan biasa yang tumbuh di sekitar rumah kamu. Perbedaannya adalah ia tumbuh dengan cepat di akuarium, menyebar hingga 5 sentimeter. Karena pertumbuhannya yang cepat, kamu harus berhati-hati dalam memangkasnya agar tidak mengganggu tanaman lain atau membuat akuarium bersahaja.

3. Anubias

Anubias merupakan salah satu jenis tanaman aquascape yang tidak mengandung CO2 dan mudah dalam perawatannya. Ini kecil, hijau tua dan dapat disesuaikan dengan kondisi apa pun di dalam air. Anubias juga mampu bertahan hidup di air yang bersuhu antara 22 dan 28 derajat Celcius sehingga tidak memerlukan perhatian khusus. Tanaman anubias biasanya digunakan sebagai hiasan di sudut-sudut akuarium. Tanaman ini tidak sulit ditemukan. Itu dapat ditemukan di sawah, di kebun, dan di daerah lain. Sebagian besar tanaman yang membuat bunga di dalam air hanya membutuhkan sedikit pencahayaan, sehingga harus disimpan di tempat yang aman.

4. Java Fern

ava Fern adalah pakis yang dapat tumbuh hampir di semua tempat di akuarium. Jenis aquascape yang tidak membutuhkan CO2 ini tidak terlalu sulit untuk dijaga dalam kondisi yang baik. Selain mudah perawatannya, tanaman Java fren juga bisa cantik untuk hiasan air lainnya. Tanaman terendam air dan setidaknya sebagian kecil dapat terkena air. Ada kemungkinan untuk menemukan pakis Jawa ini di alam, biasanya terhubung ke bebatuan di sepanjang tepi sungai.

5. Amazon Sword

Jenis aquascape yang tidak mengandung CO2 disebut Amazon Sword. Bentuknya menyerupai kapak, dan itulah alasan mengapa tanaman ini dikenal sebagai pedang Amazon. Pedang Amazon banyak digunakan sebagai latar belakang untuk akuarium. Tanaman pedang Amazon tumbuh optimal pada suhu 22-28 Celcius dengan menggunakan sumber cahaya sedang. Tanaman aquascape pedang Amazon adalah salah satu area yang paling dicari di mana ikan bersembunyi.

6. Eleocharis parvula

Eleocharis parvula adalah sejenis aquascape tanpa CO2. Tanaman ini memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat, sehingga kamu harus memangkasnya secara teratur. Eleocharis parvula dapat berkembang pada suhu antara 22 dan 25 Celcius dan cahaya sedang atau tinggi.

7. Lumut Natal

Tanaman lumut selanjutnya yang termasuk dalam jenis tanaman aquascape tanpa CO2 di dalamnya adalah lumut Natal. Dari segi bentuk, menyerupai lumut merak, namun daun Natalnya kurang ramping dan berkembang dengan cara yang berbeda. Tanaman lumut Natal sangat populer. Kemungkinan karena tingkat pertumbuhannya yang cepat dan semakin banyak iluminasi, semakin cepat ia berkembang.

8. Lumut merak

Jenis kedua aquascape tanpa karbon dioksida adalah peacock-moss. Daunnya cukup besar dengan dedaunan hijau lumut dan cabang yang tumbuh seperti ekor burung merak. Ciri-ciri tanaman ini adalah mudah menyebar, sehingga ideal sebagai alas atau substrat untuk aquascapeKamu bisa memilih salah satu tanaman ini karena perawatannya tidak terlalu sulit.

9. Singapore Moss

Jenis aquascape lain yang tidak mengandung karbon dioksida adalah Singapore Moss. Daunnya panjang dan longgar kemudian bercabang tegak, seperti tanaman pada umumnya. Selain tidak memiliki karbon dioksida, Singapore Moss juga mampu tumbuh di bawah sinar matahari yang sangat rendah. Namun, jika mendapat cukup cahaya secara alami, tanaman air ini akan menjadi lebih memukau.

Ada berbagai tanaman aquascape tanpa CO2 yang mudah dirawat dan dapat dimasukkan ke dalam akuarium kamu. Jika kamu memeliharanya secara teratur, tanaman pasti akan mempercantik akuarium kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.