8 Khasiat Tanaman Lidah Mertua yang Harus Kamu Ketahui

8 Khasiat Tanaman Lidah Mertua yang Harus Kamu Ketahui

Lidah mertua, juga dikenal sebagai sansevieria juga dikenal sebagai tanaman ular adalah salah satu tanaman hias yang sangat populer sebagai dekorasi di dalam rumah karena mampu berkembang di lingkungan yang memiliki sedikit sinar matahari dan air. Daunnya keras panjang, tegak, dan sukulen dan ujungnya runcing itulah ciri khas lidah mertua. Karena bentuknya yang tajam itulah alasan mengapa tanaman ini disebut lidah mertua. Selain sebagai tanaman hias untuk ibu mertua, lidah juga merupakan sumber manfaat luar biasa yang dapat menyerap berbagai jenis polusi dari udara.

1. Pembersih udara alami paling efektif

Lidah mertua mampu membersihkan udara lebih baik daripada spesies tanaman dalam ruangan lainnya, yang menjadikannya pilihan ideal bagi orang-orang yang menyukai tanaman hias dan individu yang sadar kesehatan. Lidah mertua mampu menyerap karbon monoksida dalam jumlah besar serta melepaskan oksigen, dan juga mengeluarkan racun lain dari udara seperti xylene, benzene Trichloroethylene, formaldehyde dan formaldehyde. 2. Menghilangkan polusi udara luar dan dalam ruangan. Sebuah penelitian menunjukkan polusi dalam ruangan bisa sama berbahayanya dengan polusi udara di luar ruangan.

Ada banyak cara untuk meminimalkan jumlah polusi udara di area outdoor dan indoor dan cara terbaik adalah dengan menanam tiara ibu mertua baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Lidah mertua tumbuh dengan baik di kedua situasi dan toleran terhadap sinar matahari langsung, sesuatu yang hanya dapat ditangani oleh beberapa tanaman dalam ruangan.

3. Pemasok oksigen yang melimpah

Sebuah makalah penelitian yang diterbitkan oleh Universitas Harvard menunjukkan bahwa lidah mertua adalah salah satu tanaman yang memberikan tingkat oksigen tertinggi di seluruh dunia, dan manfaatnya bagi kesehatan manusia tidak terbantahkan. Lidah mertua efektif menyerap zat beracun dan melepaskan oksigen ke lingkungan sekitar. Tanaman melepaskan kelembapan di udara dan mengurangi kemungkinan reaksi alergi di udara.

4. Tanaman untuk melawan kanker

Seperti disebutkan sebelumnya, kemampuan lidah mertua untuk menyerap dan menghilangkan lingkungan sekitar dari polutan berbahaya di udara dan agen penyebab kanker seperti formaldehida dan xilena serta benzena dan toluena menjadikannya pilihan yang tepat untuk mencegah dan mengobati penyakit fatal ini. penyakit.

5. Memasukkan karbon dioksida pada malam hari

Lidah mertua mampu mengurangi jumlah karbon dioksida (CO2) bahkan di malam hari. Ini karena Metabolisme asam Crassulacean (CAM). CAM mampu melakukan jenis fotosintesis tertentu, yang biasanya dilakukan oleh tanaman toleran kekeringan, mereka yang beriklim kering dan tanaman sukulen. Stomata dibuka pada malam hari untuk mengurangi kehilangan air di iklim panas.

6. Menyerap radiasi

Lidah mertua juga terlibat dalam penyerapan radiasi, di antaranya radiasi yang dihasilkan oleh produk elektronik. Sangat cocok untuk menempatkan tanaman ini di dalam meja ruang tamu atau ruang keluarga yang biasa digunakan untuk mengadakan acara gathering.

7. Menyerap bau

Lidah bunga ibu mertua memiliki bau yang khas dan mampu menyerap zat apapun yang berbahaya bagi manusia. Di negara maju tertentu seperti China dan Perancis khususnya, lidah mertua digunakan sebagai bahan wewangian. Oleh karena itu, sebaiknya sering-seringlah meletakkan lidah mertua di dapur atau kamar mandi, serta di tempat lain yang mengeluarkan bau tak sedap.

8. Sebagai antiseptik alami

Tanaman lidah mertua merupakan tanaman yang memiliki zat antiseptik alami yang memiliki sifat anti racun yang bermanfaat. Tanaman ini digunakan sebagai antiseptik untuk menghilangkan kuman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.