7 Cara Menanam Bunga Mawar Dalam Pot Dengan Mudah

7 Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Mawar Dalam Pot Dengan Mudah

Bunga mawar adalah salah satu varietas bunga hias yang paling banyak dicari. Jika menanamnya di kebun memakan terlalu banyak area, maka kamu harus menanamnya dalam pot.

Ide menanam mawar dalam pot bisa sangat membantu bagi mereka yang ingin memindahkan mawar ke tempat yang ideal. Sebelum menanam, penting untuk menentukan jenis tanaman mawar yang terbaik karena tidak semua varietas mawar dapat tumbuh subur di dalam pot.

Secara umum ada empat jenis bunga mawar yang bisa kamu pilih, seperti Miniature, Ground cover Polyantha, Patio, dan Ground cover. Setelah kamu mengetahui manfaat dan jenis bunga mawar yang bisa ditanam di dalam pot, kini saatnya mempelajari apa yang harus dilakukan dengannya.

1. Siapkan pot

Hal pertama yang perlu kamu selesaikan adalah membuat pot yang nantinya akan diisi dengan bunga mawar. Agar mawar tumbuh subur, perlu memilih ukuran dan tinggi pot yang tepat.

Para ahli menyarankan untuk tidak menggunakan pot yang berukuran kurang dari 28 sentimeter. Jenis tanaman hias mawar ini memiliki akar yang dalam. Semakin besar pot yang digunakan, semakin tinggi tingkat mekarnya.

Penting juga untuk mengetahui jenis pot yang kamu gunakan. Daripada menggunakan wadah plastik lebih baik memilih tanah liat, karena pot jenis ini kurang efisien dalam mentransmisikan energi matahari ke tanah.

Jika harus menggunakan pot plastik, sebaiknya pilih yang berwarna terang. Juga, pastikan pot dapat mengalirkan air di bagian bawah. Masukkan kerikil atau batu berukuran sedang kira-kira satu inci ke dalam dasar pot kamu.

2. Pastikan tanah sudah disiapkan di dalam pot

Setelah itu, kamu perlu menyiapkan tanah untuk menjadi media tanam yang tepat. Ada keseimbangan yang harus dijaga saat memilih menanam bunga dalam pot. Penggunaan media tanam yang memiliki drainase yang memadai bermanfaat untuk mencegah pembusukan akar dan menjaga kelembaban.

REKOMENDASI:  Inilah 5 Cara Menanam Jahe yang Benar dan Panen Dalam Waktu 4 Bulan

Sesuai Better Homes and Gardens, kamu dapat memasukkan sendok organik seperti kompos, kompos jamur, atau kompos taman untuk setiap 3 sendok makan campuran pot biasa.

Selain itu, kamu dapat menambahkan satu sendok makan lumut gambut untuk mempertahankan kelembapan dan menambahkan satu sendok teh tepung tulang untuk menambahkan nitrogen dan fosforKamu juga dapat menambahkan butiran polimer penahan air yang tersedia di toko tanaman, untuk menyerap kelembapan dan melepaskannya setelah tanah menjadi kering.

3. Menanam mawar

Kemudian, kamu harus memastikan bahwa kamu mengisi dua pertiga pot dengan campuran tanah yang kamu siapkan. Buat lekukan kecil di tanah, lalu ambil bunga mawar dari wadah dan masukkan ke dalam lekukan tanah di dalam pot.

Tempatkan mawar di tengah menggunakan sisa tanah pot dan tekan batang bawah dengan kuat. Setelah itu tambahkan tanah sampai penuh dengan sisa tanah.

Bunga mawar yang ada di dalam pot sebaiknya ditempatkan di tempat yang mendapat sinar matahari langsung minimal tujuh jam per hari. Jika kamu menanam beberapa mawar yang ditanam, pastikan jaraknya setidaknya 60 sentimeter untuk memungkinkan sirkulasi ventilasi yang baik di mawar.

4. Mawar membutuhkan air

Setelah kamu menanam mawar, beri mereka penyiraman yang baik. Pantau mawar pot kamu secara teratur dan sirami ketika tanah lapisan atas tampak kering. Pastikan tanahnya lembab, seperti spons yang diperas tapi tidak basah.

Waktu terbaik untuk menyirami tanaman kamu adalah antara jam 10 pagi antara jam 6 dan 10 malam. karena ini adalah waktu terpanas dalam sehari dan laju penguapan bisa cepat. Saat kamu menyiram, jauhkan air dari tanaman sejauh mungkin.

REKOMENDASI:  Inilah Ciri-Ciri Tanaman Andong Yang Harus Kamu Tahu

Daun basah dapat menyebabkan embun tepung , infeksi jamur serta penyakit yang berhubungan dengan tanaman. Irigasi tetes bisa menjadi salah satu alternatif penyiraman. Ini dirancang untuk mengalirkan cairan langsung ke akar daripada menyirami dedaunan.

5. Gunakan pupuk seperlunya

Bunga mawar merupakan tanaman hias yang banyak mengkonsumsi nutrisi dalam setiap keadaan. Namun, ketika ditanam di dalam pot, bunga mawar akan membutuhkan nutrisi lebih sering daripada jika ditanam di luar di pekarangan.

Dimungkinkan untuk menggunakan pupuk yang tepat untuk mawar. Ini membantu memastikan bahwa nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan bunga dipasok untuk memastikan bahwa ia tumbuh dengan baik.

Ada berbagai pupuk dengan bahan tambahan yang dapat membantu mencegah penyakit jamur dan hama. Untuk dedaunan yang sehat dan sehat, kamu juga dapat mengoleskan satu ons garam Epsom ke bagian bawah dan batang.

6. Repotting secara rutin

Sebagian besar mawar yang ditanam dalam pot, tidak termasuk yang versi mini, harus direpoting setiap dua hingga tiga tahun. Tanah pot baru adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa nutrisi tetap pada tingkat yang memenuhi kebutuhan tanaman.

Seiring berjalannya waktu, mineral dan garam dari pupuk juga menumpuk di tanah, mungkin merusak mawar. Namun perubahan teratur pada tanah akan membantu mencegah kerusakan.

7. Waspadalah terhadap suhu ekstrim

Laporan yang berasal dari Better Homes and Gardens, penting untuk mencegah bunga mawar kamu terlindungi dari paparan suhu yang ekstrim. Jika mawar kamu terkena terlalu banyak sinar matahari, kamu dapat memindahkannya ke lokasi yang teduh.

Saat cuaca dingin, kamu harus memindahkan mawar dalam pot ke tempat yang aman agar akarnya tidak membeku. Jika kamu tinggal di ruangan dengan jendela yang cukup untuk memberikan sinar matahari, kamu bisa meletakkan pot bunga mawar di dalam rumah kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.