6 Tanaman Herbal Paling Ampuh Untuk Kesehatan dan Bisa Buat Sendiri

6 Tanaman Herbal Paling Ampuh Untuk Kesehatan dan Bisa Buat Sendiri

Tanaman herbal adalah beberapa tanaman dengan khasiat obat. Meskipun tidak semua herbal memiliki dasar yang kuat dalam penelitian, banyak orang menikmati manfaat kesehatan yang mereka terima dari memakannya secara teratur dalam jumlah yang cukup.

Sejauh mana khasiat tanaman yang dibudidayakan di alam liar sedang dipelajari. Alasan untuk ini adalah bahwa herbal tidak 100% aman dan banyak yang memiliki risiko dan konsekuensi yang sama seperti obat-obatan yang diproduksi di pabrik.

Tumbuhan herba yang ada di Indonesia sebenarnya cukup banyak, mulai dari batang, daun, hingga umbi-umbian. Tanaman ini dikonsumsi dalam bentuk direbus, atau dibuat menjadi teh, obat herbal, atau bahkan menjadi kapsul.

Berikut adalah beberapa tanaman herba Indonesia yang bermanfaat dan telah dilaporkan oleh berbagai sumber:

1. Kunyit

Kunyit dipercaya memiliki sifat antikanker, dan juga dapat mencegah mutasi DNA. Karena sifat anti-inflamasinya dapat digunakan sebagai suplemen atau topikal untuk mengobati penderita radang sendi.

REKOMENDASI:  5 Tips Merawat Tanaman Paku Agar Tetap Segar

Menurut penelitian terbaru tanaman kunyit juga menjanjikan dalam mengobati berbagai penyakit sendi dan kulit.

2. Daun Salam

Tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan bumbu masakan, khususnya daun salam. Manfaat daun salam adalah untuk kesehatan dan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan tradisional.

Daun salam mengandung berbagai bahan yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan melancarkan pencernaan. Hal ini juga berguna untuk membantu mencegah kanker. Tetapi dalam kasus mereka yang memiliki masalah medis, penting untuk berhati-hati saat mengonsumsi ramuan ini dan mengikuti dosis yang dianjurkan.

3. Echinacea

Untuk waktu yang lama, echinacea telah digunakan untuk sifat obatnya dalam bentuk bubuk dan suplemen.

Echinacea banyak digunakan untuk mengobati flu biasa, namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi klaim ini.

4. Daun Alpukat

Daun alpukat merupakan sumber serat serta antioksidan seperti flavonoid dan fenol yang memiliki sifat anti-inflamasi. Mereka juga mengandung mangan, seng kalsium, magnesium, natrium dan kalium. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dari makan daun alpukat. Salah satu cara paling populer untuk mengonsumsi alpukat adalah dengan menyiapkan teh herbal.

REKOMENDASI:  Inilah 5 Jenis Tanaman Kuping Gajah Terbagus dan Cantik

Ramuan ini biasanya digunakan untuk menurunkan tekanan darah serta mengobati batu ginjal. membantu meredakan gejala asma dan diare, serta melawan kanker.

5. Daun Kumis Kucing

Tanaman herbal yang tidak dianggap sebagai tanaman yang banyak manfaatnya adalah kumis kucing.

Manfaat daun kumis kucing berasal dari ujung daun dan batang tanamannya. Keunggulan kumis kucing bermula dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat daun kumis kucing yang sudah terkenal adalah efek diuretiknya yang membantu menghilangkan kelebihan air dan garam dari tubuh melalui urin. Sedangkan pada ukuran yang lebih kecil, manfaat kumis kucing mulai dipelajari.

Khasiat tanaman herbal ini antara lain mampu memerangi rematik kronis, hipertensi dan keputihan, infeksi kandung kemih hingga menurunkan gula darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.