6 Manfaat Tanaman Kunyit Untuk Kesehatan Keluarga

6 Manfaat Tanaman Kunyit Untuk Kesehatan Keluarga

Kunyit adalah bumbu dapur yang terkenal. Manfaat kesehatan kunyit melampaui rasa. Mereka baik untuk jantung kamu dan mencegah kanker. Masih banyak lagi manfaat kunyit untuk kesehatan.

Kunyit mengandung beberapa zat kimia berikut: fruktosa dan glukosa, minyak esensial, kobalt, seng dan pewarna kurkumin. Bahan-bahan ini semuanya baik untuk tubuh. Kurkumin juga bertanggung jawab atas warna kuning-oranye kunyit.

Kunyit digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Curcumin dalam Rimpang kunyit inilah yang menjelaskan hal ini. Kurkumin selain sebagai pewarna kunyit diduga juga memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu.

Kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh kamu Tetap Sehat dan Antioksidan

Kurkumin yang terdapat dalam kunyit memiliki fungsi yang sangat baik sebagai antioksidan. Curcumin bertindak sebagai antioksidan dan melindungi sel dari radikal bebas. Ini juga mempercepat proses perbaikan sel-sel yang rusak. Oleh karena itu kunyit dapat digunakan untuk mendukung kesehatan tubuh.

2. Orang dengan osteoartritis dapat mengurangi rasa sakitnya

Osteoarthritis dapat menyebabkan kekakuan dan nyeri pada persendian. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak kunyit dapat mengurangi rasa sakit osteoarthritis.

Untuk mengobati penyakit ini, kamu harus berkonsultasi dengan dokter kamu.

3. Peradangan dapat diobati

Curcumin, bahan aktif dalam kunyit, adalah antioksidan dengan efek anti-inflamasi yang kuat. Satu sendok teh kunyit yang baru diparut, atau bentuk bubuknya, mengandung sekitar 200 mg kurkumin.

Curcumin bekerja dengan menghambat aktivitas sitokin, enzim dan zat lain yang dapat menyebabkan peradangan. Curcumin juga dikenal untuk mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin dan meningkatkan kortison alami di kelenjar adrenal.

Berbagai uji praklinis dari The AAPS Journal menunjukkan janji khasiat kunyit dalam mengobati berbagai gangguan terkait peradangan. Ini termasuk penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, kanker, diabetes, dan radang sendi.

Tapi, belum ada penelitian besar yang dapat memverifikasi sifat anti-inflamasi kunyit pada manusia.

4. Gejala IBS Dapat Diredakan

Irritable Bowel Syndrome (IBS) mengacu pada peradangan di usus besar yang menyebabkan masalah jangka panjang dengan buang air besar. Diare kronis dapat terjadi akibat peradangan ini, yang menyebabkan usus berkontraksi terlalu sering. Sembelit kronis juga bisa disebabkan oleh peradangan.

Pada tahun 2018, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Medicine dari Singapura menemukan bahwa gejala IBS dapat dikurangi dengan menggunakan kunyit.

5. Meringankan gangguan menstruasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa gejala sindrom pramenstruasi (PMS) dapat dikurangi dengan suplemen yang mengandung kurkumin. Kunyit dikenal dapat meredakan kram yang biasa dialami wanita saat menstruasi. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi keefektifannya.

6. Mengurangi Mual, Kembung dan Masalah Lainnya

Menurut studi Food Journal 2017, manfaat kunyit dapat ditingkatkan dengan menambahkan lada hitam. Kurkumin dalam kunyit tidak diserap dengan cepat ke dalam darah, sehingga manfaatnya hilang. Piperine, ekstrak lada hitam, dapat mempercepat tingkat penyerapan kurkumin dalam darah sebanyak 20.000 persen.

Orang yang mengonsumsi kunyit dan umbi-umbian lainnya seperti temulawak atau jahe bisa merasakan efek hangatnya. Efek hangat yang dihasilkannya seringkali dapat menyebabkan relaksasi dan kenyamanan pada perut dan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.