6 Manfaat Tanaman Kentang yang Harus Kamu Ketahui!

6 Manfaat Tanaman Kentang yang Harus Kamu Ketahui!

Sebagai pengganti nasi, kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang paling umum. Umbi jenis ini mudah dimasukkan ke dalam menu makanan pembuka, hidangan utama, atau hidangan penutup yang lezat. Kentang tidak hanya enak, tetapi juga mengandung berbagai nutrisi. Lantas, apa saja manfaat kentang dari segi kesehatan? Lihat apa yang dia katakan tentang hal itu dalam video di bawah ini.

Meski murah, sayuran tunggal ini kaya nutrisi dan sering digunakan sebagai alternatif nasi. Bahkan, kentang menjadi cukup populer karena dimasukkan ke dalam berbagai menu kuliner, termasuk makanan ringan.

Kentang, seperti halnya nasi, memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Nama latin dari umbi ini adalah Solanum tuberosum, dan memiliki rasa yang enak.

Kentang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan seseorang, selain rasanya yang enak. Vitamin A, B-kompleks, C, dan asam folat semuanya ditemukan dalam kentang. Obat penenang, antikonvulsan, anti-herbal, dan insektisida semuanya terbuat dari bahan kimia solanin yang ditemukan dalam jenis sayuran ini.

Kentang, di sisi lain, harus direbus atau dipanggang daripada digoreng. Bahkan, jika memungkinkan, hindari mencampur kentang dengan bumbu gurih yang mengandung MSG, karena tidak sehat.

Merebus atau memanggang kentang dua kali sehari tidak akan membuat kamu bertambah gemuk, tetapi akan membantu kamu mengontrol tekanan darah dan mengurangi kolesterol jahat kamu. Alhasil, masakan ini merupakan pengganti nasi yang sangat baik untuk seseorang yang sedang diet.

Kentang baik untuk kesehatan kamu

Keuntungan terbesar dari kentang adalah bahwa mereka adalah sumber karbohidrat yang baik. Kentang memiliki banyak nilai gizi, sehingga memiliki banyak manfaat kesehatan. Kentang memiliki banyak keunggulan selain sebagai sumber karbohidrat, antara lain:

1. Cocok untuk diet bebas gluten

Kentang dapat digunakan sebagai pengganti nasi bebas gluten bagi mereka yang sensitif terhadapnya. Tidak hanya bermanfaat bagi penderita intoleransi gluten, penderita penyakit celiac yang sensitif terhadap gluten juga dapat mengonsumsi kentang.

2. Membentuk Tubuh Ideal dan Menjauhi Obesitas

Kentang, seperti yang dikatakan sebelumnya, dapat membantu seseorang yang sedang diet menurunkan berat badan. Tapi jangan gunakan mentega, garam, micin, atau minyak goreng untuk mengolahnya.

Kentang kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang membantu tubuh melawan penyakit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk mencegah obesitas.

Kentang adalah sayuran yang mengandung serat makanan, yang berfungsi sebagai pengisi, membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Kentang, di sisi lain, dapat membantu pencernaan.

3. Kurangi kemungkinan terkena penyakit kronis

Bahan kimia flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik berlimpah dalam kentang. Bahan kimia yang beragam ini bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh, mencegah radikal bebas dari pembentukan dan menyebabkan kerusakan sel.

Padahal, akumulasi radikal bebas dalam jangka panjang diduga menjadi salah satu pemicu berbagai penyakit kronis, antara lain penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Antioksidan yang ditemukan dalam kentang telah terbukti memperlambat pembentukan kanker hati dan usus besar, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer pada tahun 2011. Jadi, makan kentang sangat penting untuk meminimalkan risiko semua penyakit ini.

4. Melindungi jantung

Keuntungan lain dari kentang adalah mereka melindungi jantung. Hal ini karena kentang kaya akan vitamin C, B6, serat, dan potasium yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selanjutnya, makan kentang menurunkan kolesterol, yang menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Membantu mencegah kanker

Kentang mengandung folat, vitamin B yang membantu dalam sintesis dan perbaikan DNA, menghambat pertumbuhan sel kanker. Kanker kolorektal dikatakan dapat dicegah dengan mengonsumsi sayuran seperti kentang.

Antioksidan seperti vitamin C dan quercetin kentang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Membantu dalam pengelolaan kadar gula darah

Banyak orang percaya bahwa kentang menyebabkan diabetes, tetapi kamu sudah tahu bahwa ini tidak benar. Keuntungan lain dari kentang adalah membantu mengontrol kadar gula darah, menjadikannya sumber karbohidrat yang aman bagi penderita diabetes.

Kentang memiliki banyak pati resisten, yaitu pati yang tidak dapat diserap tubuh sepenuhnya. Ketika pati resisten memasuki usus besar, ia menyediakan makanan untuk bakteri menguntungkan usus. Pati resisten telah terbukti meningkatkan fungsi insulin, hormon yang mengatur gula darah.

Kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 terbukti lebih stabil setelah makan makanan yang mengandung pati resisten, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine (Baltimore) pada tahun 2015.

Anehnya, jumlah pati resisten dalam suatu produk dapat ditingkatkan. Idenya adalah memasukkan kentang rebus ke dalam kulkas semalaman dan memakannya keesokan harinya saat masih dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.