6 Manfaat Tanaman Jarak Yang Harus Kamu Tahu

6 Manfaat Tanaman Jarak Yang Harus Kamu Tahu

Di Indonesia jarak pagar terdapat di berbagai lokasi baik tanaman liar maupun tanaman budidaya. Tanaman ini dapat ditanam secara luas, tetapi untuk mendapatkan hasil yang besar harus ditanam secara berkesinambungan. Produk utama adalah biji buah yang terletak di ujung tanaman (cabang). Buah akan terus berkembang sampai tanaman dapat terus menumbuhkan cabang.

Penggunaan tumbuhan untuk pengobatan diyakini efektif karena sifatnya, sehingga tidak akan membahayakan tubuh jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Daun jarak dianggap sebagai pencahar alami karena dapat digunakan untuk melancarkan buang air besar.

Daun jarak bukanlah hal baru bagi masyarakat Indonesia. Di Indonesia, daun jarak dipercaya bermanfaat dalam berbagai cara, mulai dari mengompres anak saat flu hingga melawan bakteri jahat.

Daun jarak memiliki sebutan ilmiah Ricinus communis. Daun jarak termasuk pohon semusim yang termasuk dalam famili Euphorbiaceae.

Bukan hanya itu, meski belum banyak digunakan sebagai pengganti minyak biji jarak ternyata ternyata ada beragam manfaat daun jarak untuk kesehatan. Penting juga untuk memahami bagaimana menggunakan daun jarak ini untuk menuai keuntungan maksimal.

REKOMENDASI:  Berikut 4 Tanaman Pagar Kecil Untuk Halaman Rumah Agar Indah

Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan

1. Mengatasi Sembelit

Manfaat daun casting akan membantu mengatasi sembelit dan buang air besar. Untuk mendapatkan manfaat dari daun ini, kamu perlu mengoleskan daun jarak segar. Setelah mencuci daun, cuci bersih dan kukus sampai matang. Kemudian, kamu bisa mengonsumsi daun jarak segar sebagai lalapan atau sebagai makanan pendamping.

2. Mampu melawan bakteri

Salah satu keunggulan daun jarak adalah sebagai alat untuk melawan bakteri yang ada di dalam tubuh. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa daun memiliki sifat antibakteri yang dapat memerangi bakteri dermatopik dan patogen seperti bakteri E, S aureus, K pneumonia serta bakteri tipe Strep.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari daun jarak, campurkan ekstrak daun jarak dengan ekstrak Aseton.

3. Cara mengatasi sakit gigi

Daun jarak mengandung ekstrak yang dipercaya dapat meredakan sakit gigi. Kandungan fitofarmaka yang juga dikenal sebagai alkaloid yang terdapat pada getahnya diduga ampuh membantu meredakan sakit gigi.

Jika kamu menderita sakit gigi cobalah mengoleskan getah daun jarak pada gigi yang sakit. Khasiatnya konon bisa membantu meredakan sakit gigi.

REKOMENDASI:  Inilah 5 Manfaat Terong untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

4. Menstabilkan Gula Darah

Daun jarak juga dapat mengatur kadar gula darah. Untuk mendapatkan manfaat dari daun jarak ini, minumlah air rebusan daun jarak secara teratur. Dalam kasus penderita diabetes, daun kastor dapat membantu mencegah naiknya kadar gula darah.

5. Memperbaiki kerusakan hati

Keunggulan lain dari daun jarak adalah kemampuannya dalam memperbaiki kerusakan hati. Berdasarkan studi penelitian ekstrak dari daun jarak tanaman telah ditemukan efektif dalam mengobati kerusakan hati, terutama yang dihasilkan dari galaktosamin. Selain itu, ekstrak daun jarak efektif untuk memerangi peradangan.

6. Mengatasi rematik

Penyakit rematik dapat memicu rasa tidak nyaman dan nyeri pada persendian akibat tanda-tanda peradangan. Penyakit ini sering terlihat pada orang dewasa yang menyerang persendian dan otot.

Rasa sakit dapat menyebabkan gangguan pada gerakan tubuh. Ini sangat menyakitkan, dan dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Beberapa daun jarak dapat membantu dalam mengobati rematik.

Haluskan daun jarak dengan menambahkan sedikit air hangat. Oleskan pada bagian tubuh yang terkena. Hal ini dapat diulang beberapa kali sepanjang hari sampai membaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.