6 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan yang Harus kamu Tahu

6 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan yang Harus kamu Tahu

Mangga adalah salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di Indonesia. Ada banyak pedagang kecil yang menjual ke toko-toko yang menjual mangga selama musim. Ini adalah pohon mangga yang juga dikenal dengan istilah “nama ilmiah” mangifera indica.

Berdasarkan informasi dari Badan Litbang Pertanian Komoditas mangga di Indonesia terdapat di setiap provinsi, dengan sentra perkebunan di 12 provinsi yaitu Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Selatan. Sulawesi, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi. Tenggara.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) produksi mangga mencapai 2,89 juta ton pada tahun 2020. Varietas dengan harga jual tertinggi adalah Gadung 21 Arumanis 143, Manalagi 69, Lalijiwo Chokanan, serta Golek 31.

Manfaat kesehatan dari mangga sangat bagus untuk kesehatan secara keseluruhan.

Tidak hanya menyegarkan, namun dengan segudang manfaat nutrisi mangga merupakan buah yang memiliki banyak manfaat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu.

1. Menurunkan tekanan darah

Makanan manis seringkali menjadi penyebab naiknya kadar gula darah. Namun tidak demikian halnya dengan dampak yang ditimbulkan melalui buah mangga.

Sebuah studi oleh tim peneliti dari Oklahoma State University menunjukkan bahwa kadar gula darah mereka yang kelebihan berat badan menurun ketika mereka makan mangga secara teratur untuk jangka waktu tertentu.

REKOMENDASI:  Berikut Cara Lengkap Menanam Tanaman Bambu Yang Harus Kamu Tahu

Partisipan diharuskan mengonsumsi setara dengan 10g mangga per hari. Ini setara dengan gula dengan setengah jumlah mangga segar.

Penurunan kadar gula darah ini diyakini karena zat aktif dan antioksidan yang ditemukan dalam buah

2. Mangga bisa bermanfaat untuk mata.

Lutein dan Zeaxanthin adalah dua antioksidan dengan konsentrasi tertinggi yang ada di mangga. Keduanya dianggap menjaga kesehatan lensa dan retina mata.

Lensa dan retina mata yang berfungsi dengan baik dapat meningkatkan ketajaman visual, mengurangi dampak silau ketidaknyamanan mata, dan mengurangi waktu yang dibutuhkan mata untuk sembuh setelah melihat cahaya terang.

Lutein dan Zeaxanthin juga merupakan zat yang membantu melindungi mata dari radiasi ultraviolet yang merusak dan memperlambat pembentukan katarak dan bahaya degenerasi makula.

3. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Dalam sebuah penelitian pada hewan, kekurangan vitamin A berhubungan dengan kerontokan rambut yang parah. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa vitamin A sangat penting dalam menjaga kesehatan sel-sel epitel pada rambut dan kulit untuk memastikan keduanya dalam kondisi baik dan lembab. Manfaat buah mangga untuk kesehatan memang bermanfaat bagi kesehatan.

Tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dengan banyak kandungan nutrisinya, mangga dapat memberikan banyak manfaat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu.

Selain kaya akan vitamin A, buah kuning juga bisa menjadi sumber sekitar 75% vitamin C harian yang penting bagi tubuh kita.

Vitamin A dalam kombinasi dengan vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat kolagen. Kolagen adalah protein spesifik yang membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah kerutan dan kendur dini.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Tanaman di Dataran Tinggi yang Mudah Kamu Tanam

4. Membantu mencegah penyakit jantung.

Jumlah potasium, serat, serta vitamin yang ditemukan dalam buah telah lama dikenal sebagai cara untuk mencegah penyakit jantung atau masalah lainnya. Pasalnya, asupan kalium sebanding dengan penurunan kadar natrium dalam tubuh.

Jika kamu mengonsumsi buah manis dalam jumlah yang cukup setiap hari, itu bisa sangat bermanfaat dalam mengurangi risiko mengembangkan masalah jantung.

5. Dapat membantu menghentikan kanker

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan Texas AgriLife Research, terbukti bahwa ekstrak polifenol mangga dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Studi lain yang dilakukan di Malaysia mengungkapkan bahwa kulit mangga kaya akan karotenoid, polifenol, dan karotenoid. Ini juga mengandung serat makanan serta vitamin C Vitamin E serta senyawa aktif lainnya yang memiliki potensi untuk memberikan pengobatan yang lebih baik untuk kanker daripada daging itu sendiri.

Kulit mangga dikatakan memiliki kemampuan untuk memblokir pertumbuhan sel kanker pada kanker payudara, usus besar dan paru-paru, leukemia serta jaringan prostat. Efeknya dianggap sangat efektif dalam mengurangi risiko kanker payudara atau usus besar.

6. Membantu meredakan sembelit

Dalam sebuah penelitian yang mengamati penderita sembelit dengan masalah kronis dan sembelit kronis, mangga ditemukan lebih bermanfaat daripada makan makanan berserat seperti Oat.

Sangat penting untuk mengetahui bahwa mangga membentuk komponen penting dari diet FODMAP. Ini adalah diet yang menghindari makanan yang dapat menyebabkan gas atau kembung pada orang yang menderita IBS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.