6 Khasiat Tanaman Keladi Tikus Untuk Kesehatan

6 Khasiat Tanaman Keladi Tikus Untuk Kesehatan

Banyak orang percaya bahwa tanaman tabung hewan pengerat bermanfaat dalam pengobatan kanker payudara. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan tanaman tabung tikus mengandung zat antikanker. Tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai pengobatan utama.

Sangat mudah untuk menemukan keladi tikus di Pulau Jawa. Pertumbuhannya terjadi di tanah yang lembab dengan sedikit sinar matahari. Tumbuhan ini dikenal dengan nama talas tikus karena bunganya yang menyerupai ekor tikus.

Keladi tikus merupakan tanaman hias tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Itu milik keluarga Araceae (umbi-umbi).

Sebagai tanaman obat herbal, kamu bisa menggunakan tanaman dari berbagai negara antara lain China, Bangladesh, Bhutan, Thailand, Asia Tenggara, Indonesia, dan Bhutan.

REKOMENDASI:  5 Manfaat Tanaman Nilam Untuk Kesehatan Keluarga dan Diri Sendiri

1. Mengatasi peradangan

Keladi tikus memiliki sifat anti-inflamasi. Obat anti-inflamasi mengandung bahan-bahan yang mengurangi atau menekan peradangan. Kondisi inflamasi dapat diakibatkan oleh banyak hal seperti infeksi, cedera fisik, dan interaksi antigen-antibodi.

2. Pereda asma dan batuk

Menurut Journal of Pharmacology and Toxicology (JPT), talas tikus memiliki manfaat kesehatan antara lain meredakan asma dan batuk. Tanaman ini mengandung ekstrak alkohol.

Khasiat tanaman talas bahkan bisa mengurangi pembengkakan telinga. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan keamanannya.

3. Memerangi sel kanker

Riboseme Inactivating Protein merupakan bahan kimia yang terdapat pada tanaman keladi tikus yang diduga mampu melawan sel kanker.

Menurut Universa Medicina, talas tikus juga kaya akan antioksidan dan kurkumin. Ini memiliki sifat anti-inflamasi. Zat-zat ini sangat penting untuk pencegahan dan pengobatan kanker.

4. Pengobatan infeksi

Keladi tikus juga baik untuk kesehatan karena memiliki sifat antibakteri.

REKOMENDASI:  9 Varietas Tanaman Aquascape Tanpa CO2 dan Perawatannya Mudah, Cocok Untuk Pemula

Jurnal Procedia Chemistry menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa talas tikus memiliki aktivitas antibakteri terhadap Bacillus subtilis, dan Pseudomonas aureuginosa.

Baik bakteri maupun jamur bertanggung jawab atas banyak infeksi seperti dermatitis (folikulitis), infeksi mata, meningitis, dan folikulitis.

5. Mengatasi Bisul

Bisul adalah kondisi kulit umum yang dialami kebanyakan orangKamu bisa mengatasinya dengan menggunakan talas tikus. Hal ini karena mengandung bahan kimia hepatoprotektor yang dapat mengatasi pembengkakan akibat bisul dan nanah.

6. Menyembuhkan Iritasi Dinding Perut

Penelitian dari Cyberjaya University College of Medical Science di Selangor dan Universita Malaysia, Kuala Lumpur menunjukkan bahwa ekstrak daun keladi tikus dapat mencegah iritasi pada dinding lambung yang disebabkan oleh etanol.

Keladi tikus dapat dimakan langsung atau dicampur dengan bahan antikanker lainnya seperti kunyit putih dan daun sirsak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.