6 Jenis Tanaman Palawija Bahan Pangan Tinggi Di Dunia

6 Jenis Tanaman Palawija Bahan Pangan Tinggi Di Dunia

Indonesia adalah salah satu negara dengan produksi bahan pangan tertinggi dari negara manapun di dunia. Menanam tanaman adalah salah satu sumber ekonomi terbesar yang dimiliki negara dan produk makanan diekspor ke negara tetangga untuk panen besar. Salah satu sumber utama produksi pangan bagi pemerintah adalah beras serta hasil bumi lainnya yang sekunder setelah beras.

Tanaman palawija berfungsi sebagai tanaman bergilir dalam pertanian. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan efisiensi produk pangan ini adalah dengan menanam tanaman kedua. Tanaman tersebut ditanam bersama hasil pertanian oleh petani, dan biasanya digunakan sebagai selingan di antara tanaman padi.

1. Singkong

Palawija dianggap sebagai pengganti tanaman pangan. Salah satu yang paling populer adalah singkong. Tanaman ini mudah perawatannya dan mampu disulap menjadi berbagai makanan enak. Untuk menanam, peniti bisa memanfaatkan stek batang beserta induknya. Potong batang menjadi potongan-potongan kecil dan tanam di tanah yang subur.

2. Jagung

Menanam jagung di rumah kamu adalah tugas sederhana untuk dilakukan. Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang ditanam pada berbagai jenis tanah. Penting untuk menempatkan bibit jagung di halaman belakang kamu pada awal cuaca kering. Meskipun tanaman ini mampu tumbuh di suhu panas, kamu harus ingat untuk menyiram dan memupuknya secara teratur agar tanaman tumbuh subur dan tidak menjadi kering.

3. Wortel

Salah satu cara untuk mengurangi risiko timbulnya noda pada mata kamu adalah dengan makan wortel secara teratur.

Varietas palawija yang memiliki warna oranye mencolok. Warna oranye mencolok dikenal karena kandungan vitaminnya yang kaya yang menjadikannya pilihan tepat dalam merawat kesehatan mata.

4. Kentang

Tidak hanya singkong yang bisa dimasak menjadi masakan yang lezat, kentang juga bisa melimpah di berbagai jenis makanan. Salah satu sumber utama karbohidrat manusia memiliki tujuan memberikan energi ke dalam tubuh. Tata cara menanamnya juga mudah, peniti hanya perlu memasukkan bibit kentang ke dalam rata-rata sedalam 10 cm, beri pupuk dan sering-seringlah menyiram.

5. Oyong

Oyong adalah salah satu sayuran yang bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes. Tanaman oyong ini juga bisa kamu tanam di dalam pot karena tidak membutuhkan lahan yang luas untuk tumbuh subur.

6. Kedelai

Jika Pins menginginkan sejenis palawija yang mudah dibudidayakan, kedelai bisa menjadi alternatif. Apalagi jika Pins menanamnya di musim kemarau. Kedelai merupakan tanaman yang baik untuk tumbuh asalkan terkena sinar matahari. Jenis tanaman ini adalah salah satu bahan yang paling penting untuk membuat berbagai jenis makanan yang ditemukan di Asia Timur. Apakah Pin termasuk yang menyukainya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.