6 Cara Merawat Tanaman Monstera Agar Tumbuh Subur dan Indah

6 Cara Merawat Tanaman Monstera Agar Tumbuh Subur dan Indah

Cara merawat tanaman monstera tidak terlalu sulit untuk dipelajari. Tanaman yang memiliki daun hijau lebar ini disukai karena nilai hiasnya. Bentuknya yang khas membuat Monstera senang diburu oleh para pecinta tanaman.

Daun lebar dan bulat dengan air mata alami yang mendefinisikan setiap jenis atau variasi monstera tertentu. Keunikan monstera terletak pada daunnya yang dihiasi lubang-lubang alami yang membuatnya tampil anggun dan cantik.

Cara merawat tanaman monstera tidak terlalu berbeda dengan tanaman hias lainnyaKamu harus mengawasi pencahayaan serta irigasi, kelembaban tanah dan masalah lainnya. Tentu saja, kamu harus merawat taman kamu secara teratur jika kamu ingin monstera kamu tetap menarik dan sehat.

Cara Merawat Tanaman Monstera

Tempatkan di dekat Jendela

Apa yang harus dilakukan dengan tanaman monstera pertama tergantung pada pencahayaan. Sangat penting untuk mengingat hal ini karena jika monstera terkena sinar matahari dan sinar matahari yang berlebihan, daun menjadi kuning. Selain itu, jika disimpan dalam kegelapan tanaman akan menunjukkan fototropisme negatif. yaitu daun baru akan tumbuh ke arah gelap, tetapi tidak ke arah terang.

Dengan demikian, kamu harus menempatkan tanaman di jendela yang tidak terkena sinar matahari langsung. Jika kamu memutuskan untuk meletakkannya di luar, tempatkan jaring sebagai atap agar tanaman tidak terlalu banyak terkena sinar matahari.

Cukup siram

Tanaman monstera dapat disiram untuk menyiramnya seminggu sekali atau menunggu sampai tanah mulai cukup kering. Cara merawat hewan ini harus dipikirkan karena penyiraman yang berlebihan dan genangan air di dalam pot dapat menyebabkan pembusukan akar.

Jadi, berikan air yang cukup ke tanaman secara seragam, dan kemudian pastikan untuk melakukannya di siang hari. Alasannya, tanaman akan menyerap air bahkan setelah diberi makan di sore hari.

Pertahankan area di area yang cukup lembab untuk mengurangi pertumbuhan berlebih. berhati-hatilah untuk tidak menanam kembali terlalu sering, dan secara teratur memangkas dengan memotong setiap pertumbuhan baru.

Perhatikan Kondisi Tanah

Tanah adalah faktor penting untuk dipikirkan ketika kamu merawat tanaman monstera. Hal ini dikarenakan tumbuhan memenuhi kebutuhan mineral dan airnya dengan memanfaatkan tanah. Untuk mencegah kelembaban dari akar tanaman campur tanah menggunakan perlite dan gambut atau vermikulit dalam campuran setengah gambut dan setengah lainnya perlit. Campuran media tanam ini dapat membantu menjaga kelembapan tanah tanpa merusak akar.

Lakukan Pemupukan

Masih merupakan bagian dari tanah, cara kedua untuk merawat gianta adalah dengan pemupukan. Tanaman pot yang telah mengawetkan nutrisi memiliki peluang bertahan hidup yang lebih tinggi daripada yang ditanam di alam liar, karena siklus nutrisi yang segar di alam tidak konstan.

Jadi, penting untuk memperhatikan nutrisi untuk tanaman seperti monstera, misalnya dengan menggunakan pupuk slow release atau satu atau dua kali setahun. Pupuk yang digunakan sesuai dengan seberapa cepat kamu ingin tanaman monstera tumbuh dan jumlah daun yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.