5 Tips Merawat Tanaman Paku

5 Tips Merawat Tanaman Paku Agar Tetap Segar

Pakis hias juga dikenal sebagai paku-pakuan adalah spesies tumbuhan berurat, khususnya tracheophyta. Mereka dikenali dari daunnya yang tumbuh dari batang yang membentuk vernasi melingkar. Tumbuhan yang menyerupai lumut melepaskan spora untuk membantu proses reproduksi, juga dikenal sebagai Ibu.

Pakis tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, seperti pohon, semak serta hidrofit dan tanaman merambat. Bentuknya yang indah tanaman ini sangat cocok sebagai tanaman hias yang dipelihara di teras rumah. Selain sebagai tanaman hias, tumbuhan paku juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Kehadiran tanaman ini dapat menciptakan suasana yang membuat rumah terasa lebih elegan dan sejuk. Uniknya, selain dapat meminimalisir efek negatif radiasi akibat penggunaan komputer maupun gadget elektronik. Ini menarik, bukan?

Jika kamu tertarik untuk menanam pakis, lihatlah tips merawat yang dirangkum oleh sumber Better Homes & Gardens.

1. Cahaya

Berikan perhatian khusus di tempat kamu menanam pakis, untuk memastikan bahwa mereka tidak cepat mati. Tanaman ini paling baik di tempat yang teduh dan terang.

Jika kamu menempatkan terlalu banyak pakis di sekitar rumah, itu tidak akan baik untuk pertumbuhan tanaman. Solusinya kamu bisa menempatkan tanaman hias paku di area rumah yang tidak terkena sinar matahari, misalnya di teras atau balkon rumah.

2. Penyiraman

Menyadari keadaan tanaman paku hias untuk memastikan mereka dalam kondisi baik sangat penting untuk dirawat. Hal ini dikarenakan tumbuhan paku menyukai kondisi tanah yang lembab dan lembab.

Juga penting untuk melakukan penyiraman secara teratur setiap hari, dengan air yang cukup untuk tanaman nail art. Terutama pada musim kemarau atau musim panas ketika tanaman ini kemungkinan besar akan mengering jika kondisi tanah tidak dijaga secara teratur.

3. Tanah

Tanaman ini sangat sensitif terhadap lingkungan media tanam, yang kering atau basah dan terlalu asam atau basa. Inilah sebabnya mengapa kesalahan dalam tanah tanaman dapat menyebabkan pakis menjadi kerdil, layu, dan mati.

Pakis atau paku membutuhkan tanah gembur yang kaya akan nutrisi dan mineral. Mayoritas tanah netral dan sedikit asam dibutuhkan oleh tanaman ini. Ini memiliki keasaman 6,0 antara 6,0 dan 7,0.

4. Pupuk

Pemupukan pakis untuk pertama kalinya setidaknya enam bulan setelah pendirian pabrik. Pemupukan selanjutnya sebaiknya dilakukan setiap bulan.

Jangan lupa untuk memberikan aplikasi pupuk cair setiap dua bulan sekali untuk memastikan nutrisi untuk tanaman hias kuku tetap pada tempatnya. Semprotkan pestisida dan pupuk dengan pupuk cair setiap minggu untuk hasil terbaik.

5. Cangkok

Jika kamu berencana untuk memindahkan tanaman hias pakis, kamu harus memilih waktu terbaik untuk melakukannya seperti akhir musim semi hingga akhir musim panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.