5 Tips Menaikkan Berat Badan

5 Tips Menaikkan Berat Badan

Menambah berat badan dapat memiliki banyak manfaat baik bagi pria maupun wanita. Ini dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, meningkatkan tingkat energi, membantu perubahan suasana hati, dan bahkan dapat membuat hidup lebih lama. Ada banyak alasan berbeda mengapa orang ingin menambah berat badan, tetapi yang paling penting adalah menemukan cara yang sehat untuk melakukannya. Berikut tips menaikkan berat badan yang bisa dicoba:

1. Makan Lebih Sering

Makan lebih sering dapat membantu Anda menambah berat badan. Ini bukan tugas yang mudah, tetapi dengan makan lebih sering sepanjang hari, Anda akan mendapatkan jumlah kalori dan nutrisi yang tepat yang dibutuhkan tubuh Anda.

Makan lebih sering dapat membantu orang menambah berat badan, selama mereka makan makanan yang sehat. Orang yang sering makan cenderung memiliki BMI lebih rendah dibandingkan mereka yang makan lebih jarang. Makan tiga atau empat kali sehari, bukan dua atau tiga kali dapat membantu orang menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Waktu terbaik untuk makan biasanya pada pagi dan sore hari, saat tubuh relatif beristirahat dan lapar. Orang yang makan lebih sering cenderung memiliki BMI lebih rendah karena mereka membakar lebih banyak kalori daripada mereka yang tidak makan banyak. Penting untuk memastikan bahwa makanan yang dimakan orang sehat, dan mereka tidak terlalu memanjakan diri dengan camilan manis atau makanan yang tidak sehat.

2. Pilih Makanan Padat Kalori

Ada banyak makanan yang bisa membantu Anda menambah berat badan. Namun, beberapa pilihan yang paling padat kalori juga merupakan pilihan yang akan membantu Anda tetap pada jalur diet Anda. Saat memilih apa yang akan dimakan, penting untuk memastikan bahwa makanan yang Anda pilih tinggi kalori dan rendah lemak. Berikut adalah beberapa contoh makanan padat kalori yang dapat membantu Anda menambah berat badan:

1. Puding nasi. Makanan penutup yang lezat dan mengenyangkan ini dibuat dengan nasi, susu, gula, dan terkadang kayu manis atau pala. Ini memiliki banyak kalori dan merupakan cara yang bagus untuk memuaskan gigi manis Anda tanpa terlalu banyak makan makanan manis.

2. Oatmeal. Pilihan sarapan berbasis biji-bijian ini tinggi serat dan protein, yang berarti akan memberi Anda banyak energi sepanjang pagi.

3. Minum Pada Saat Yang Tepat

Ini bukan hanya tentang seberapa banyak Anda minum, ini tentang kapan Anda meminumnya. Saat Anda meminum alkohol, tubuh Anda membakar lebih banyak kalori daripada jika Anda tidak minum. Itu karena alkohol bersifat diuretik – artinya ketika memasuki aliran darah Anda, itu menyebabkan ginjal Anda mengeluarkan air. Faktanya, minum dengan perut kosong sebenarnya bisa menyebabkan penurunan berat badan! Namun, sementara minum dengan perut kosong dapat membantu Anda menurunkan beberapa kilogram dalam jangka pendek, itu juga kemungkinan akan menyebabkan penambahan berat badan dalam jangka panjang karena semua kalori tambahan yang dibakar selama pencernaan dan penyerapan.

4. Makan Camilan Sehat

Apakah Anda mencari camilan sehat untuk membantu Anda menambah berat badan? Nah, inilah beberapa ide! Pertama, pastikan untuk memasukkan banyak buah dan sayuran dalam diet Anda. Makanan ini kaya akan Vitamin, Mineral, dan Serat yang akan membantu Anda tetap sehat dan menjaga berat badan tetap terkendali. Kedua, sebisa mungkin hindari makanan olahan. Makanan ini seringkali penuh dengan lemak tidak sehat dan zat aditif yang bisa berbahaya bagi tubuh Anda. Terakhir, usahakan selalu memilih camilan yang tinggi nutrisi namun rendah kalori. Melakukan hal ini akan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat tanpa harus menghitung kalori atau membuat diri Anda kelaparan.

5. Olahraga Secara Rutin

Berolahraga secara teratur untuk menambah berat badan? Kedengarannya seperti kontradiksi, bukan? Namun menurut beberapa ahli, itu tidak segila yang Anda pikirkan. Padahal, ada beberapa manfaat berolahraga secara teratur jika ingin menambah berat badan.

Olahraga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental Anda secara keseluruhan. Menurut Mayo Clinic, olahraga telah dikaitkan dengan perbaikan suasana hati, tingkat stres, dan gejala kecemasan. Jika Anda sedang berjuang dengan masalah kesehatan mental atau hanya membutuhkan suntikan energi dalam kehidupan sehari-hari Anda, olahraga bisa menjadi cara yang bagus untuk mencapainya. Olahraga dapat mengurangi risiko Anda terkena obesitas dan penyakit terkait. Obesitas adalah epidemi utama dan menjadi lebih umum setiap saat.