5 Tips dan Trik Meningkatkan Bisnis E-commerce

5 Tips dan Trik Meningkatkan Bisnis E-commerce

E-commerce adalah industri yang berkembang yang memungkinkan penjual untuk memperluas jangkauan pasar mereka di era digital ini.

Pengusaha kecil, pemula, dan bisnis besar semuanya menggunakan e-commerce untuk membuka saluran penjualan produk mereka dengan tujuan menjangkau pasar yang lebih besar.

1. Tingkatkan penjualan produk kamu

Upselling adalah teknik penjualan yang memungkinkan pelanggan membelanjakan lebih banyak untuk produk yang ditingkatkan atau memiliki versi premiumKamu mungkin pernah mendengar atau melihat ungkapan “Apakah mungkin untuk meningkatkan pesanan kamu?” Ini adalah contoh praktik upselling yang memungkinkan pelanggan membeli produk premium daripada produk yang awalnya ingin mereka beli.

Strategi upselling ini terbukti lebih efektif daripada mendatangkan pelanggan baru untuk banyak bisnis. Pelanggan kamu mungkin tidak menyadari bahwa produk premium tersedia di toko kamu. Atau mereka mungkin perlu mengetahui apakah peningkatan (upgrade ke) diperlukan untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan.

Jika kamu seorang penjual produk kecantikan, kamu mungkin dapat meningkatkan penjualan dengan menawarkan bundel yang menggabungkan lipstik dan maskara. Pelanggan mungkin bersedia membayar lebih sedikit, tetapi mereka masih akan mendapatkan pilihan produk yang lebih banyak. Soroti perbedaan dan manfaat yang akan diperoleh pelanggan dengan membayar lebih.

Dua hal yang perlu diingat saat kamu melakukan upselling

  • Pastikan untuk menawarkan produk yang serupa dengan yang ingin dibeli konsumen.
  • Saat mengantisipasi kisaran harga untuk kemampuan berbelanja pelanggan kamu, berhati-hatilah dan penuh perhatian

Produk harus memenuhi kebutuhan nyata pelanggan. Mereka mungkin tidak mau membayar lebih jika mereka memiliki anggaran yang mereka mampu. Konsumen sering membandingkan harga terlebih dahulu. Produk baru kamu harus cocok dan sepadan dengan biaya tambahan yang telah mereka hitung.

REKOMENDASI:  Kriteria Pemimpin Bisnis Atau Perusahaan Yang Baik

2. Gunakan fitur Live Chat untuk terhubung dengan pelanggan

Ada banyak cara kamu dapat melibatkan pelanggan secara positif. Salah satu contohnya, kamu bisa memanfaatkan fitur live chat untuk langsung membangun koneksi dengan pelanggan baik di website maupun toko online di platform/marketplace e-commerce. Fitur live chat ini memungkinkan kamu mengarahkan pencarian pelanggan ke halaman yang tepat, meskipun mereka sudah pernah mengunjungi toko kamu.

kamu juga dapat menggunakan obrolan langsung ini untuk berbicara langsung dengan pelanggan untuk menjawab pertanyaan mereka dan menyelesaikan masalah apa pun yang mereka miliki saat melakukan pembelian online. Penting untuk memantau berapa banyak orang yang menambahkan produk kamu atau mengabaikan keranjang belanja mereka.

Bisa jadi mereka berubah pikiran, lupa menyelesaikan transaksi atau tidak punya cukup waktu. Obrolan langsung dapat digunakan untuk mendorong pelanggan menyelesaikan transaksiKamu mungkin menawarkan diskon tambahan, pengiriman gratis, atau mengingatkan mereka jika produk sedang obral atau segera keluar.

3. Mengantisipasi Penjualan Mendatang

Jika kamu dapat memperluas jangkauan produk kamu, kamu harus dapat mengevaluasi permintaan pasar untuk menentukan apakah itu layak untuk investasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode, termasuk penelitian kata kunci, validasi geografis, tren media sosial, dll. Untuk melihat berapa banyak orang yang tertarik dengan produk kamu, kamu juga dapat menawarkan pre-order.

Jika kamu ingin memilih mana dari tiga produk yang akan kamu rilis untuk dijual, misalnya, kamu dapat membuat halaman untuk setiap produk. Pastikan kamu memiliki foto berkualitas tinggi dan salinan persuasif untuk deskripsi produkKamu kemudian dapat mengatur stok ke “kosong”, dan kemudian mengaktifkan fitur “wishlist”, atau “ingatkan saya jika produk tersedia”Kamu kemudian dapat melihat produk mana yang paling banyak menerima tanggapan dari pelanggan. Hasilnya dapat digunakan untuk menentukan produk mana yang harus kamu jual terlebih dahulu atau dalam jumlah yang lebih banyak.

REKOMENDASI:  Ternyata Mudah! Berikut 6 Tips Bisnis Alat Berat

4. Optimalkan Halaman Produk kamu

Pengoptimalan tingkat konversi (CRO), adalah teknik yang mengoptimalkan konversi penjualan di toko online kamuKamu dapat menggunakan CRO untuk membantu mengidentifikasi masalah di toko online kamu, seperti “Di mana kamu kehilangan penjualan?” “Apa alasan pelanggan pergi?” “Apa yang bisa saya lakukan untuk memulihkan kesempatan yang hilang itu?” ? “, dll.

kamu akan menerima hasil yang nyata dan objektif tentang bagaimana toko online kamu mengubah pelanggan menjadi pelanggan tetap. Ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Setelah kamu mengidentifikasi tantangan dan peluang di toko, kamu dapat membuat hipotesis dan mengujinya untuk menentukan metode mana yang menghasilkan penjualan tertinggi untuk bisnis e-niaga kamu.

5. Menghargai Pelanggan Loyal

Retensi adalah cara paling hemat biaya bagi bisnis kamu untuk meningkatkan penjualan online. Menurut data Stitch Labs, pelanggan yang kembali dapat menghasilkan hampir 22% dari pendapatan kamu sementara pelanggan baru hanya menyumbang 11%. Mereka juga melakukan hampir 15% lebih banyak transaksi per tahun.

Program loyalitas pelanggan adalah cara yang bagus untuk menunjukkan penghargaan kepada pelanggan setia. Program loyalitas ini dapat bermanfaat bagi pelanggan kamu dan diri kamu sendiri dalam banyak halKamu dapat memberi pelanggan insentif ekstra untuk membeli dan mengingatkan mereka merek kamu dengan pengingat otomatis.

Pelanggan setia kamu akan dihargai dengan cara yang kamu pilihKamu dapat menawarkan program loyalitas dengan poin yang memungkinkan kamu menukarkan poin dengan diskon, pengiriman gratis, atau produk.

Ini adalah beberapa tips yang dapat kami tawarkan untuk membantu kamu mengelola dan meningkatkan penjualan online kamu. Pengaktif e-niaga mungkin dapat membantu kamu jika kamu masih kesulitan mengelola pesanan dan bisnis kamu melalui situs e-niaga.