5 Tips Bisnis Tanpa Berhutang Untuk Pemula yang Baru Mulai

5 Tips Bisnis Tanpa Berhutang Untuk Pemula yang Baru Mulai

Pengusaha potensial sering menghadapi kesulitan keuangan saat membuka bisnis. Banyak yang terpaksa mengambil pinjaman untuk membiayai bisnis mereka. Sayangnya, tidak semua seperti yang terlihat. Ada bisnis yang sedang berjuang dan dibiarkan dengan banyak hutang. Inilah sebabnya mengapa meminjam modal dari bank atau individu untuk tujuan bisnis bukanlah pilihan.

1. Rencana yang dipikirkan dengan matang

Rencana yang solid sangat penting untuk memulai bisnis bahkan jika kamu memiliki modal terbatas. Rencana ini seharusnya tidak hanya mencakup apa yang ingin kamu lakukan dengan bisnis kamu, tetapi juga semua detail yang relevan dengan bisnis tersebut.

Penting untuk memilih bisnis dengan kemungkinan sukses dan pertumbuhan yang tinggi. Hindari memilih bisnis yang buruk.

Setelah kamu memutuskan jenis bisnis apa yang ingin kamu mulai, kamu juga harus memutuskan waktu dan tempat di mana akan dilaksanakan.

kamu juga harus merencanakan modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha kamu. Juga, kamu perlu memikirkan siapa yang akan menjalankan bisnis dan bagaimana mereka akan mengelola keuanganKamu harus merencanakan semuanya dengan hati-hati.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Tips Bisnis Biar Awet Dan Berjalan Lancar

2. Maksimalkan penghematan kamu

kamu mungkin dapat menggunakan tabungan kamu untuk membiayai bisnis kamu jika kamu tidak perlu meminjam uang.

Tabungan ini dapat digunakan untuk membiayai usaha kecil atau mikro kamuKamu tidak boleh menggunakan tabungan kamu sebagai modal.

Ini sebabnya? kamu harus selalu memiliki uang cadangan untuk berjaga-jagaKamu harus mengembalikan uang yang telah kamu simpan sebelum bisnis kamu berkembang.

3. Gunakan sistem prabayar

Jika ternyata produk kamu banyak peminat/peminatnya, tetapi modalnya tidak cukup, kamu bisa menunjukkan foto produk terlebih dahulu lalu meminta pelanggan untuk membayar uang muka.

Minimum lima puluh persen dari total harga untuk memastikan pembeli tidak lari setelah menerima barang yang tidak siap.

Sistem ini dikenal dengan sistem Pre Order (atau PO). Ini digunakan secara luas. Dengan cara ini kamu dapat secara otomatis menerima tambahan modal tanpa harus meminjamnya dari lembaga keuangan mana pun.

4. Menghemat pendapatan

Selanjutnya, sisihkan sebagian penghasilan kamu untuk investasi modal.

Pengusaha sulit mengembangkan usahanya karena lupa menyimpan keuntungan ketika menghasilkan keuntungan.

Hal ini menyebabkan pengusaha terpaksa mengambil hutang untuk membayar modalnya. Jika kamu ingin membangun bisnis yang tidak bergantung pada hutang, kamu harus mengambil langkah cerdas untuk mengelola keuangan bisnis kamu dengan baik.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Tips Bisnis Sukses Mileneal

Untuk memberikan tambahan modal untuk pengembangan, kamu harus menyisihkan paling banyak 40% dari keuntungan kamuKamu tidak harus menghabiskan semua keuntungan kamu.

5. Mencari partner/partner untuk membantu bisnis anda

kamu tidak boleh memutuskan untuk mengambil hutang jika bisnis kamu sudah beroperasi dan kamu mengalami kekurangan modal.

Lebih baik menghindari hutang daripada belajar bagaimana melobi orang. Mitra bisnis dapat memainkan peran kunci dalam peningkatan modal tanpa kamu harus berhutang.

Risiko kegagalan juga akan ditanggung bersama. Satu hal yang perlu diingat ketika kamu bermitra dengan seseorang adalah bahwa keuntungan atau hasil bisnis harus dibagi sesuai dengan jumlah modal dan usaha yang dilakukan. Bagaimana kamu membagi keuntungan dengan benar? kamu akan membutuhkan sistem akuntansi yang akurat, rinci dan lengkap.

Memang tidak mudah untuk memulai bisnisKamu harus siap dengan kemungkinan kehilangan modal jika gagalKamu dapat mengurangi kemungkinan kegagalan bisnis, yang dapat menyebabkan hutang tanpa akhir. Bisnis modal kecil bisa dimulai tanpa hutangKamu juga bisa menjual aset seperti sepeda motor dan ponsel agar lebih mendesak.