5 Tanaman Hias Termahal dan Langka di Dunia

5 Tanaman Hias Termahal dan Langka di Dunia

Menanam tanaman hias memang populer di kalangan banyak orang. Selain mempercantik rumah kamu, itu juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memerangi kebosanan dan stres selama masa pandemi.

Sejak pandemi, menanam makanan di rumah kamu telah menjadi gaya hidup biasa bagi sebagian orang. Tidak banyak yang tertarik untuk memelihara tanaman langka tersebut. Tentu saja biayanya tidak murah. Tanaman hias yang dipajang di depan rumah kamu seringkali harganya mahal.

Hebatnya, banyak orang memilih tanaman hias yang dibandrol dengan harga yang menakjubkan. Salah satu tanaman yang populer dalam satu tahun terakhir adalah berbagai varietas Monstera yang harganya jutaan rupiah.

Tumbuhan langka biasanya tergolong tumbuhan yang dilindungi. Oleh karena itu, menanamnya di halaman kamu bisa menjadi tantangan, terutama dalam hal mendapatkan izin. Tumbuhan langka dapat ditemukan di cagar alam. Berikut adalah beberapa tanaman paling langka di dunia dan di Indonesia.

1. Oahu Stenogyne

Tanaman itu diperkirakan punah pada tahun 2000. Pada tahun 2004 tanaman Oahu Stenogyne ini ditemukan kembali. Ini memiliki karakteristik fisik dengan diameter sekitar 4 meter. Tanaman ini dilindungi karena kelangkaannya.

2. Pohon Darah Naga

Pohon ini terletak di Yaman dan untuk mencapai tempat pohon ini berada, kamu harus menggunakan perahu khusus untuk mencapai Socotra. Ini adalah tempat di mana pohon darah Naga berada. Bentuknya mirip dengan bentuk jamur. Disebut sebagai “darah naga” karena ketika batang pohon digores dengan palu, ia mengeluarkan getah merah, menyerupai darah.

3. Bunga Kadapul

Bunga kadapul memiliki aroma yang menyenangkan dan bentuk yang menakjubkan. Karena aromanya, ia sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat parfum. Bunganya biasanya

4. Anggrek hitam Papua

Indonesia adalah rumah bagi berbagai jenis anggrek dengan varietas langka yang harganya bisa mahal. Misalnya, salah satu anggreknya adalah anggrek Hitam Papua. Ini adalah tanaman yang benar-benar unik karena mahkotanya yang hitam legam. Pesonanya ditingkatkan dengan putiknya yang berwarna kuning dan ungu.

Cantik dan misterius, anggrek Papua yang berwarna hitam ini hanya ditemukan di hutan di pulau itu. Tak heran jika biayanya bisa mencapai Rp. 100 juta.

5. Bonsai pinus tua

Bonsai jelas merupakan pohon hias yang mahal. Tidak semua orang harus memeliharanya, karena biayanya sangat tinggi. Untuk varian standar mulai dari Rp. 10 juta.

Namun harga tersebut di atas tidak berlaku untuk bonsai yang terbuat dari kayu pinus tua. Varietas yang berasal dari Jepang ini sebelumnya dijual seharga 100 juta yen. Ini kira-kira Rp. 13,2 miliar.

Itulah beberapa tumbuhan langka yang ada di dunia dan juga di Indonesia. Penting agar tanaman ini dilestarikan dengan baik untuk memastikan bahwa populasinya dapat dipertahankan. Jika hendak dijual, harus diperbanyak dalam jumlah yang cukup agar tidak merugikan atau mengganggu tumbuhan asli di habitat aslinya yaitu alam liar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.