5 Sayuran yang Bisa Ditanam di Sekitar Rumah

5 Sayuran yang Bisa Ditanam di Sekitar Rumah

Kebun sayur di rumah bisa membantu kamu menghemat uang untuk belanja kebutuhan sehari-hari, kamu mungkin pernah mendengarnya. Ada berbagai macam sayuran yang mudah dibudidayakan di rumah kamu. Tertarik untuk memiliki taman di rumah kamu?

Selain sebagai kegiatan yang menyenangkan dan cara mengisi waktu dengan berkebun dan menanam buah dan sayur di rumah tentunya merupakan salah satu upaya untuk menekan tagihan belanjaan yang biayanya bervariasi.

Jika kamu ingin memulai hidup baru dengan cara yang sehat, Dekoruma menawarkan tujuh saran untuk tanaman yang dapat ditanam di rumah kamu.

Jenis Sayuran yang Mudah Ditanam

Tidak apa-apa, menanam sayuran tidak sesulit yang kita kira. Ada beberapa sayuran yang bisa kita budidayakan di rumah tanpa kesulitan. Bagaimana mereka bekerja? Lihatlah di bawah ini!

1. Kangkung

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran favorit yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kangkung merupakan sayuran serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai jenis makanan termasuk yang paling disukai adalah tumis kangkung yang berisi bawang putih atau terasi.

Harga kangkung cukup terjangkau di pasaran, namun jika bisa menanam sendiri kenapa tidak? Pastikan penanam dikeringkan dengan baik dan kemudian tempatkan benih kangkung di area sedalam 5 cm.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Manfaat Tanaman Parijoto Yang Harus Kamu Tahu

Kemudian, kamu harus sering menyiraminya. Jika kamu berniat menanam banyak tanaman, pastikan ruang yang cukup untuk pertumbuhan.

Selain sebagai media kotoran untuk tanah, Kangkung juga merupakan contoh tanaman yang cukup sederhana untuk dibudidayakan secara hidroponik. Karena, itu adalah salah satu tanaman yang menyukai air.

2. Bayam

Apakah kamu penggemar bayam? Aman! Tanaman sayur tunggal ini cocok ditanam di rumah, kan!

Tidak hanya mudah menanamnya, perawatan bayam juga sangat praktisKamu tinggal menanam bibit bayam, media tanam, polybag atau wadah dan air. Setelah kamu menyiapkan segalanya, mulailah menabur benih selama kurang lebih satu bulan.

3. Selada

Sayuran segar dan tipis merupakan pelengkap penting untuk salad dan sandwich. Selada terdiri dari banyak varietas, tetapi yang dibahas di sini adalah jenis selada keriting yang dijual dalam tandan di supermarket.

Penanaman selada dimulai dengan memastikan benih selada kamu berkecambah di dalam baki benih dalam waktu 20-30 hari. Kemudian pindahkan tanaman selada ke areal tanam yang lebih besar seperti pot, polybag atau bahkan lahan yang tanahnya gembur dan sangat halus.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Cara Menanam Tanaman Ekor Naga Biar Subur

Hal terpenting untuk menanam selada adalah membuatnya tetap lembab, segar, dan lezat. Inilah sebabnya, tanpa adanya irigasi teratur, tanaman ini juga bagus untuk ditanam dengan metode hidroponik.

4. Tomat

Tanaman berikutnya yang tumbuh cepat dan mudah dirawat di rumah kamu adalah tomat. Cara menanamnya sangat sederhana, tomat juga bagus untuk ditanam oleh anak-anak, seperti yang sudah kamu duga.

Mulailah dengan menabur benih di media tanam yang tidak terlalu padat, agar air mudah mengalir.

5. Kacang

Jika kamu mencari tanaman sayuran yang sangat produktif, kamu harus mencoba menanam buncis. Jika kamu bisa menanam biji buncis, semakin banyak kamu bisa memanennya.

Proses penanamannya sangat sederhana. Sangat mudah untuk langsung menanam benih di tanah dan kemudian sering menyiraminya. Setelah 55 hingga 65 hari, kacang akan menunggu untuk dipanen.

Selain kelima jenis sayuran tersebut, masih ada beberapa jenis sayuran yang bisa ditanam sendiri di pekarangan rumah. Ubah selera kamu agar sesuai dengan preferensi keluarga dan menu rumah kamu. Sebuah taman dengan sayuran kamu sendiri adalah suatu kemungkinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.