Berikut 5 Tanaman di Dataran Tinggi yang Mudah Kamu Tanam

5 Manfaat Tanaman Nilam Untuk Kesehatan Keluarga dan Diri Sendiri

Nilam adalah ramuan yang banyak ditemukan di Asia dan menawarkan banyak manfaat. Istilah lain untuk menyebut nilam adalah Pogostemon cablin. Nilam merupakan tanaman yang umum di Indonesia Daunnya digunakan untuk membuat wewangian untuk obat tradisional yang kaya akan manfaat.

Ciri khas lain yang membuat tanaman ini berbeda dan berbeda dari tanaman lainnya adalah tanaman ini biasa dijumpai di daerah dingin atau lebih khusus lagi di dataran tinggi dengan suhu sekitar 24-28°C. Kelembaban di wilayah ini bisa mencapai 75% dan curah hujan bisa sekitar 2000-3000 mm per tahun. Tapi, siapa sangka tanaman mungil ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kita? Kami telah berbicara tentang manfaat kesehatan dari tanaman okra, manfaat tanaman kumis kucing atau manfaat dari tanaman yang disebut ceri. tanaman ini menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan kita. Manfaat apa yang bisa kita petik dari tanaman ini? Daripada penasaran, yuk simak yang satu ini!

1. Obat Sakit Kepala

Manfaat utama dari tanaman ini adalah kemampuannya untuk meredakan migrain dan meredakan sakit kepala. Tumbuhan ini kaya akan zat di dalam daunnya yang membantu meringankan yang dialami penderita sakit kepala, juga migrain. Daunnya bisa dimasak sebelum diminum untuk meredakan sakit kepala.

REKOMENDASI:  Inilah 5 Manfaat Tanaman Janda Bolong Yang Harus Kamu Tahu

2. Berkhasiat untuk disentri

Siapa yang tidak mengenal penyakit disentri? Disentri merupakan kondisi yang paling banyak dijumpai pada masyarakat Indonesia, yang seringkali disebabkan oleh sanitasi yang buruk dan pencemaran air yang dikonsumsi setiap hari. Gejala yang sering terlihat pada kondisi ini antara lain mual, diare atau muntah, demam dan kram perut. Daun nilam ini adalah obat yang sempurna dan pengolahannya sederhana, seperti membuat panci panas, nilam kering, dan meminum cairannya seperti teh yang kita minum.

3. Efektif untuk rematik

Rematik adalah kondisi yang mirip dengan orang tua. Siapa sangka penyakit yang satu ini juga bisa menyerang kita yang masih muda? Rematik adalah suatu kondisi yang menyebabkan rasa sakit. Ini disebabkan oleh persendian atau otot karena pembengkakan atau peradangan di daerah tersebut.

Dalam hal ini kita akan menggunakan komponen lain dari tanaman – khususnya akar tanaman nilam. Cara memanfaatkan akar ini sangat sederhana, misalnya dengan meremas akar terlebih dahulu sebelum ditempelkan pada daerah yang terkena dan menunggu sampai kering sebelum dicuci menggunakan air bersih.

REKOMENDASI:  Berikut 8 Jenis Tanaman Hidroponik Panen Cepat, Sangat Cocok Bagi Untuk Pemula

4. Penghilang bau keringat

Apakah keringat kamu berbau? Jika kamu memiliki bau keringat yang intens kurang percaya diri karena ini bisa menjadi masalah bagi mereka dan orang lain. Ada berbagai cara untuk mengatasi masalah ini, mulai dari deodoran, parfum, dan wewangian lainnya.

Tahukah kamu bahwa kita bisa memanfaatkan daun nilam sebagai solusi terbaik untuk masalah ini? Cara penggunaan daun nilam untuk mengatasi masalah tersebut sangatlah mudah, yaitu dengan merebus sekitar 100 gram daun nilam dalam 10 liter air hingga mendidih. Kemudian, kita bisa menggunakan air rebusan daun nilam untuk mandi.

5. Obat Maag

Kandungan nutrisi pada daun nilam mampu mengobati dan meredakan luka yang menyerang kulit. Melalui konsumsi rebusan daun nilam atau membuat campuran daun nilam yang telah direbus sebelumnya, kemudian dioleskan ke area kulit yang terkena bisul dan diamkan sampai kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published.