5 Manfaat Tanaman Jahe untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh Anda

5 Manfaat Tanaman Jahe untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh kamu

Khasiat tanaman jahe untuk kesehatan sudah diakui cukup lama. Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang bermanfaat bagi kesehatan kamu. Jahe umumnya digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit.

Manfaat jahe tidak hanya sebatas pada tanaman yang dapat membantu menghangatkan tubuh kamu. Jahe merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman jahe merambah ke negara lain. Tanaman yang terkenal dengan aromanya yang khas jahe ini dimanfaatkan sebagai bahan masakan dan pengobatan alternatif di seluruh China, India dan Timur Tengah. Jika kamu sedang mempertimbangkan jahe, terutama saat kamu berniat untuk merawat atau mengobati, pilihlah jahe yang segar dan strukturnya kokoh halus dan halus, namun tidak lembap. Apa saja manfaat jahe yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan kamu?

Manfaat jahe untuk Kesehatan Tubuh

Berikut lima kondisi kesehatan yang bisa disembuhkan melalui konsumsi jahe:

1. Meredakan Pusing

Perasaan pusing dapat menyebabkan kamu kehilangan keseimbangan, dan penglihatan kamu menjadi kabur, dan mungkin disertai dengan mual. Gejala pusing yang diikuti mual bisa diredakan dengan mengonsumsi jahe. Jahe juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit kepala secara alami.

2. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Manfaat lain dari jahe adalah kemampuannya untuk mengurangi rasa sakit selama siklus menstruasi. Berdasarkan berbagai penelitian, konsumsi jahe dapat meredakan gejala nyeri haid.

Jika kamu sering mengalami rasa tidak nyaman saat aliran menstruasi Cobalah minum ekstrak jahe sekitar 500 hingga 2000 mg dalam tiga hari awal siklus menstruasi.

3. Osteoartritis

Osteoarthritis adalah suatu bentuk nyeri dan kekakuan sendi akibat cedera akibat obesitas, penuaan, atau cedera sendi. Menurut beberapa penelitian yang menunjukkan rasa sakit akibat kondisi ini dapat diredakan melalui konsumsi ekstrak jahe. Selain pijat obat kumur, tetapi pijat dengan minyak terapeutik yang mengandung jahe dan jeruk dapat membantu mengurangi kekakuan sendi dan nyeri terkait radang sendi.

4. Mencegah mual di pagi hari

Gejala mual dan muntah akibat morning sickness biasa dialami wanita saat awal kehamilan. Namun, rasa mual bisa dikurangi dengan mengonsumsi jahe. Namun, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi obat apa pun, termasuk obat herbal dan tradisional. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe.

5. Membantu meredakan kembung

Manfaat jahe lainnya adalah membantu meredakan kembung. Kembung disebabkan oleh banyak penyebab, seperti makan berlebihan, sembelit sering makan makanan yang berlemak, merokok, atau minum minuman berbasis alkohol.

Jika kamu sering mengalami perut kembung akibat gangguan pencernaan, masuk angin atau lainnya. Jika kamu mengalami kembung karena gangguan pencernaan, minumlah teh jahe. Teh dipercaya oleh banyak orang dapat membantu membersihkan perut setelah kenyang dengan makanan.

Oleh karena itu, manfaat jahe dapat dilihat pada kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Waspadai jumlah jahe yang kamu konsumsi, karena mengonsumsi jahe dalam jumlah berlebihan dapat merusak kesehatan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.