5 Manfaat Tanaman Binahong Untuk Kesehatan

5 Manfaat Tanaman Binahong Untuk Kesehatan

Daun binahong merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat alami. Tanaman Cina yang populer ini juga dikenal dengan nama Dhen San Chi. Tanaman ini digunakan sebagai pengobatan alternatif belasan tahun yang lalu. Daun binahong diduga memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Tanaman binahong kaya akan manfaat kesehatan. Tanaman binahong bisa ditanam di halaman belakang rumah. Binahong termasuk dalam Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Tanaman merambat binahong bertangkai daun pendek, bagi yang belum tahu. Daun binahong bentuknya seperti hati.

Penanaman biji atau bagian akar dapat digunakan untuk memperbanyak tanaman Binahong.

Binahong, ramuan asli, banyak digunakan dalam pengobatan herbal. Binahong digunakan dalam pengobatan herbal dari seluruh bagian daun.

Daun binahong sebagai obat herbal : Manfaat Daun binahong kaya akan antioksidan dan dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Itulah beberapa dari sekian banyak manfaat daun binahong untuk pengobatan herbal.

1. Menyembuhkan Luka Bakar

Daun binahong memiliki banyak manfaat, namun paling sering digunakan untuk mengobati luka bakar. Daun binahong kaya akan nutrisi yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Binahong dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang terbakar.

Unsur yang paling penting dalam penyembuhan luka adalah flavonoid dan tanin. Saponin memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah perkembangan infeksi bakteri. Senyawa ini dapat mempercepat produksi kolagen kulit.

Tanin, yang merupakan senyawa yang mencegah pendarahan, dapat digunakan untuk sementara waktu. Tanin dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit dan mempercepat proses penyembuhan.

Daun binahong memiliki banyak manfaat yang tidak hanya mitos. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak daun mempercepat proses penyembuhan luka kulit.

2. Pengobatan Gastritis

Siapapun bisa terkena maagKamu harus merasakan ketidaknyamanan jika maag kambuh.

Daun binahong dapat digunakan untuk mengobati bisul. Ini adalah pilihan yang bagus untuk orang-orang yang ragu-ragu untuk menggunakan obat-obatan kimia.

Cukup rebus 10 lembar daun binahong dengan 1 gelas air. Setelah mendidih, kamu bisa menambahkan air ke dalam panci. Air rebusan binahong dikonsumsi tiga kali sehari.

3. Pengobatan Asam Urat

Daun binahong memiliki kandungan flavonoid yang tinggi, yang dipercaya dapat membantu mengurangi asam urat. Ini adalah properti yang sangat penting yang membantu mengurangi kemungkinan mengembangkan asam urat.

Ada banyak cara untuk memetik manfaat dari daun binahong ini. Merebus daun adalah cara termudah. Rebusan yang terbuat dari daun binahong dapat digunakan untuk mengurangi kadar purin berlebih. Kadar purin dapat didefinisikan sebagai senyawa organik yang terbentuk dari makan makanan penyebab asam urat.

Hal ini dianggap mampu mengobati asam urat. Namun, daun binahong sebaiknya hanya digunakan sebagai alternatif pengobatan alami. Asam urat harus diobati jika sudah parah.

4. Mengobati gagal ginjal

Daun binahong telah terbukti sangat efektif dalam pengobatan gagal ginjal. Cara membuat obat herbal dari daun binahong untuk gagal ginjal sangatlah mudah.

Rebus 10 sampai 15 gram daun binahong segar dalam segelas air sampai mendidih. Air rebusan daun binahong dikonsumsi tiga kali sehari sebelum dimakan.

5. Mengobati Kanker

Belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat daun binahong bagi kesehatan dalam mencegah kanker. Khasiatnya mungkin bisa mengurangi risiko kamu terkena penyakit mematikan ini.

Daun binahong mengandung antioksidan yang berperan sebagai penangkal radikal bebas. Antioksidan diketahui dapat melawan sel kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published.