5 Jenis Tanaman Toga, Lengkap Dengan Khasiatnya Untuk Kesehatan

5 Jenis Tanaman Toga, Lengkap Dengan Khasiatnya Untuk Kesehatan

“Setiap penyakit ada kemampuan untuk mengobatinya” Itulah kata mutiara yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mencapai kesembuhan. Kisaran pilihan termasuk obat kimia dan herbal yang dapat dengan mudah ditemukan sebagai tanaman yang dapat digunakan sebagai dekorasi untuk rumah. Di zaman modern kita, tanaman obat biasanya diremehkan. Namun, kamu tidak boleh menganggap enteng bahwa ada banyak jenis obat herbal yang termasuk dalam tanaman toga, yang juga dikenal sebagai keluarga Tanaman Obat.

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) adalah tanaman yang berkhasiat dan ditanam di pekarangan serta dikelola secara kekeluargaan. Jenis tanaman ini ditanam untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan pengobatan tradisional yang dapat mereka buat. Pada umumnya tanaman obat biasanya dibudidayakan di alam liar. Namun, saat ini banyak tanaman obat yang ditanam di pekarangan dan kebun. Beberapa orang bahkan memanfaatkannya sebagai tanaman toga

Memanfaatkan jenis tanaman ini dapat membantu menghentikan penyebaran penyakit. Selain itu, tanaman toga jenis ini dapat dimanfaatkan sebagai prakarsa promosi atau untuk meningkatkan kesehatan, untuk tujuan kuratif untuk menyembuhkan penyakit.

Aneka Jenis Tanaman Toga, Lengkap Dengan Khasiatnya

1. Jahe (Zingiber officinale)

Jahe merupakan bagian dari suku Zingiberaceae. Ini adalah tanaman tahunan herba yang berdiri tegak, tinggi 40-50cm. Ada tiga jenis jahe: emprit, gajah dan merah. Merupakan produk pertanian yang sangat potensial dan potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Banyak dijual di penjual angkringan.

REKOMENDASI:  Inilah 5 Cara Menanam Jahe yang Benar dan Panen Dalam Waktu 4 Bulan

Jahe kaya akan minyak esensial zingiberene Oleh karena itu bermanfaat bagi kesehatan. Khasiatnya antara lain mampu mengobati batuk, menambah rasa lapar sekaligus mulas, sakit kepala dan mengobati perut kembung. Mengingat banyaknya manfaat jahe, tidak heran jika jahe menjadi sumber yang baik untuk jenis tanaman penghasil toga.

2. Kunyit (Curcuma longa)

Tanaman berikutnya dalam keluarga toga adalah kunyit. Kunyit adalah tanaman herba abadi dari keluarga Zingiberaceae, yang berasal dari Asia Selatan dan memiliki bunga majemuk. Rimpangnya berwarna oranye terang. Kunyit merupakan tanaman toga yang mudah dirawat di rumah kamu.

  • Manfaat kunyit untuk kesehatan antara lain:
  • Membantu dengan radang usus buntu dan radang rahim.
  • Kuning telur, jus kunyit Pengapuran, kuning telur, bisa membantu mengobati radang amandel.
  • Jus kunyit, kandungan pinang Madu, kapur sirih, dan pinang membantu asma.
  • Untuk menghilangkan sembelit, ambil jus Rimpang, dicampur dengan garam.

3. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

Temulawak merupakan tanaman asli Indonesia dan merupakan bagian dari famili Zingiberaceae. Temulawak mudah ditanam di rumah, menjadikannya tanaman toga yang ideal. Temulawak dapat tumbuh hingga ketinggian 2,5 meter. Rimpang adalah rimpang induk seperti telur, dengan tiga atau empat panjang rimpang tipis. Bagian dalam berwarna kuning pucat di sekitar tepinya, bagian tengahnya berwarna kuning lebih gelap.

Khasiatnya untuk kesehatan antara lain mengobati sakit limpa, sakit punggung, sakit kepala ginjal, sakit maag, sakit perut masuk angin, sembelit produksi susu, nafsu makan serta sakit tenggorokan serta cacar air, sariawan dan jerawat.

REKOMENDASI:  Berikut 4 Jenis Tanaman Lada Yang Harus Kamu Tahu

4. Kencur (Kaempferia galanga)

Tanaman rimpang termasuk dalam famili Zingiberaceae. Kencur merupakan tanaman yang digunakan untuk bumbu dan juga obat yang dapat ditemukan dengan mudah di rumah. Oleh karena itu, kencur merupakan tanaman toga yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dalam jamu. Kencur merupakan tumbuhan berjenis rimpang dengan daging buah yang tidak berserat.

Tanaman ini biasa digunakan untuk mengobati beras sebagai jamu dan kencur, atau jamu yang ditawarkan oleh penjual jamu. Kencur adalah tanaman obat yang paling signifikan secara ilmiah karena kemampuannya sebagai diuretik, ekspektoran dan stimulan.

Manfaat kencur bagi kesehatan antara lain sebagai obat anti batuk, radang lambung, muntah, dan demam tinggi.

5. Sirih (Piper betle)

Jenis tanaman toga yang kedua adalah sirih. Ini adalah bagian dari keluarga Piperaceae. Sirih adalah tanaman merambat yang bertumpu pada cabang-cabang pohon. Daun tunggal berbentuk hati dan runcing di ujungnya, tidak simetris, dengan batang dan pertumbuhan bergantian dan mengeluarkan bau yang menyenangkan ketika diremas. Panjangnya sekitar 5-8cm dan lebar 2-5cm. Di Jawa dimanfaatkan untuk membuat nugget sirih.

Khasiat sirih untuk kesehatan adalah menghilangkan bau mulut, mata gatal, eksim dan kulit gatal, menghilangkan gusi berdarah, mual jerawat, sakit perut, hidung berdarah, batuk, sariawan, serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.