5 Jenis Tanaman Aquascape di Sawah yang Cocok Untuk Aquarium

5 Jenis Tanaman Aquascape di Sawah yang Cocok Untuk Aquarium

Peminat aquascape sudah mengetahui keuntungan menanam tanaman yang cocok untuk akuarium dan digunakan untuk membuat aquascape. Di samping batu hardscape seperti karang, kayu, atau kayu serta karang, tanaman sangat penting dalam menciptakan lanskap yang indah di dalam air untuk menciptakan model dunia nyata yang menakjubkan. Seperti perkembangan perbukitan di bawah air, atau kondisi hutan di dalam air, dan banyak ide lain yang bisa diciptakan dengan bantuan media tanaman air.

Namun, tanaman aquascape tidak dapat diperoleh secara gratis dan sebagian besar adalah aquascape yang tersedia dengan harga tinggi, dan untuk alasan ini, kami akan fokus pada tanaman aquascape yang mudah diperoleh dan dirawat.

Siapapun yang ingin membuat karya seni aquascape membutuhkan tanaman. Namun, tanaman akuarium tidak dapat diperoleh secara gratis dan banyak jenis di aquascape ditawarkan dengan biaya yang cukup untuk yang berukuran sedang atau lebih rendah. Nah, berikut 99jam.com akan memberikan inventarisasi tanaman aquascape dan aquarium yang bisa dengan mudah ditemukan.

Berbagai Jenis Tanaman Aquascape di Sawah

1. Lumut Jawa

Java Moss atau dalam bahasa Indonesia kadang disebut sebagai “lumut”. Lumut normal hidup dan menempel pada batu. Biasa ditemukan di persawahan dan di sekitar kita. Ia juga dikenal sebagai Java Moss, yang mirip dengan karpet.

Java Moss berasal dari Asia Tenggara. Ini memiliki daun kecil dan pertumbuhan lambat, namun sangat mudah tumbuh di dalam Aquascapes. Java Moss juga bisa diletakkan di atas batang pohon yang mati sebagai hiasan di aquascapes.

Java Moss sangat rendah CO2 dan membutuhkan sangat sedikit cahaya. Jika cahayanya kuat, ia dapat lebih meningkatkan pertumbuhannya. Tanaman ini dapat tersebar luas, baik secara horizontal maupun vertikal.

2. Marsilea Crenata

Marsilea Crenata adalah tanaman aquascape yang terdapat di persawahan yang bisa anda temukan di rumah anda.

Pada kenyataannya, tidak jarang tanaman air ini biasanya berada di saluran irigasi dan sungai.

Tanaman ini biasa disebut dengan Clover berdaun lima.

3. Piptospatha Sp

Yang ketiga adalah piptospatha sp. Tanaman ini biasanya ditemukan di dekat air terjun atau di sepanjang tepi sungai. Biasanya ditemukan di sebelah bebatuan, alias terselip di sekitar bebatuan. Bentuk daunnya menarik, mirip dengan tanaman anubias (tanaman asli Afrika). Satu-satunya hal yang pasti adalah bahwa piptospatha dapat digunakan sebagai latar belakang aquascape (tanaman di depan karpet).

Tidak perlu repot mencarinya karena banyak ditemukan di seluruh Indonesia khususnya di Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Selain itu, spesies tumbuhan pipto dapat dengan mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan.

4. Tanaman Bacopa Monnieri

Tumbuhan ini juga memiliki nama yang berbeda yaitu hisop air dan bacopa kerdil Tumbuhan ini mudah tumbuh dan dapat tumbuh di seluruh dunia Biasanya ditemukan di dekat danau, sungai dan tepi kolam.

Tanaman bacopa monnieri juga mudah perawatannya dan membutuhkan CO2 rendah dan cahaya sedang. Selain itu tanaman biasanya terendam air sepenuhnya, yang membuatnya ideal untuk tanaman aquascape.

5. Pistia statiotes

Pistia statiotes, juga dikenal sebagai apu apu adalah tanaman yang sering ditolak oleh petani. Hal ini dikarenakan Pistia statiotes dapat menjadi masalah di persawahan. Tanaman ini mampu mempercantik pemandangan air kamu.

Ciri utama yang membedakan Pistia statiotes adalah daunnya yang lembut dan rimbun. Daun-daun ini tampak mengapung di aquascape. Ia juga memiliki akar yang berserat dan panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.