5 Jenis Tanaman Air Hias yang Indah Untuk Rumah Kamu

5 Jenis Tanaman Air Hias yang Indah Untuk Rumah Kamu

Apa itu tumbuhan air? Ini adalah mereka yang ditemukan di air dan telah beradaptasi dengan garam dan air tawar, sering dikenal sebagai hidrofit. Sebagian besar waktu, tanaman air dapat ditemukan mengambang di air.

Tanaman tertentu terendam, dan semuanya terendam. Namun, jika airnya dangkal , daunnya dapat naik lebih dekat ke permukaan, namun dalam kasus lain, tanaman dapat keluar dari kelompok dan menetap di lokasi lain.

Tumbuhan tidak hanya tumbuh di darat, ada juga tumbuhan air yang mungkin pernah kamu amati, namun belum banyak yang mengetahui tentang tumbuhan air.

Berbeda dengan kebanyakan jenis tanaman lainnya, tanaman air mudah dirawat dan praktis karena hanya membutuhkan media air dan berbagai pilihan.

1. Air mata bayi

Air mata bayi adalah salah satu tanaman hias yang bisa ditanam di air.

Tanaman ini dicirikan oleh daunnya yang kecil yang menyebar dan membuat alur yang padat dan halus yang membentang di sepanjang batang.

Kita dapat menempatkan beberapa tanaman, dengan atau tanpa akar di dalam air, dan kemudian mengamati seberapa cepat mereka menyesuaikan diri dan tumbuh di dalam air.

Karena air mata dari bayi membuat banyak daun di batang, daun yang telah terendam dalam waktu lama bisa mulai membusuk.

REKOMENDASI:  Berikut 4 Manfaat Tanaman Buah Naga Merah Yang Harus Kamu Tahu

Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti air setiap minggu untuk menghilangkan daun yang mengambang di dalam kolam.

Saat akar sudah terbentuk, biarkan tingkat air turun dan suplai kelembapan ke tanaman kamu.

2. Aglaonema

Siapa tahu tanaman hias Aglaonema ini bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias berbahan dasar air? Tanaman hias yang sedang trend saat ini, atau yang sering disebut dengan bunga Sri Fortune, habitat pertama spesies ini ditemukan di hutan hujan tropis, yang membutuhkan penggunaan intensitas cahaya rendah. Aglaonema dapat disimpan dalam wadah gelas kaca yang diisi air, dan sangat ideal untuk dijadikan tanaman hias indoor yang cantik dan menyegarkan.

Tanaman ini cocok untuk tanaman indoor maupun outdoor, namun jika dimanfaatkan sebagai tanaman indoor akan memberikan kesegaran pada rumah. Caranya sederhana, potong beberapa akar dan batangnya lalu masukkan ke dalam wadah kaca setinggi 10 sampai 15 sentimeter dan sediakan setengah panci berisi air.

3. Coleus

Coleus adalah salah satu spesies tanaman hias yang tumbuh di air. Muncul dalam beberapa varietas, masing-masing dengan nuansa yang indah untuk menghias rumah.

Caranya, gunakan potongan tanaman yang panjangnya sekitar 15 cm, lalu potong daunnya dari 10 sentimeter di bawah.

Tempatkan potongan-potongan itu dalam vas berisi airKamu akan mulai melihat akar terbentuk dalam beberapa minggu.

REKOMENDASI:  4 Contoh Tanaman Semusim yang Mudah Dirawat

Memasukkan sedikit teh kompos ke dalam air selama musim tanam akan memungkinkan coleus kamu berkembang.

4. Monstera

Monstera variegata memiliki daun berongga yang indah, juga telah diidentifikasi sebagai salah satu tanaman yang dapat kita gunakan untuk tanaman air dalam ruangan kita karena daunnya yang khas. Tanaman monstera dapat digunakan untuk teknik perbanyakan sekaligus sebagai media tanam air. Caranya siapkan tanaman monstera serta pendukung tertentu, seperti wadah botol air minum atau tanaman yang tidak terkontaminasi klorin, pastikan menyertakan vitamin B1 dan pupuk anti jamur. Tambahkan perlite untuk menetralkan media tanam kamu.

5. Philodendron

Philodendron mudah dirawat, bahkan jika kita memutuskan untuk menggunakan tanaman yang menarik yang dapat ditempatkan di air.

Philodendron yang sehat tidak terganggu jika ada cabang yang dipanen untuk dibudidayakan di air. Selain itu, tanaman berdaun khas ini hadir dalam berbagai jenis dengan dimensi dan corak yang berbeda.

Jika berbagai philodendron berkumpul di satu tempat, apakah kamu memiliki gambaran keindahan sudut ruangan?

Philodendron mampu tumbuh di bawah kondisi cahaya apa pun, namun, jika pertumbuhan batang terlihat di dedaunan, memposisikan tanaman di area yang menerima lebih banyak cahaya akan meningkatkan perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.