5 Cara Merawat Tanaman Merambat Dengan Mudah!

5 Cara Merawat Tanaman Merambat Dengan Mudah!

Tanaman rambat terlihat cantik saat menghiasi dinding luar rumah yang polos dan kering. Selanjutnya pertumbuhan yang tumbuh secara vertikal menghemat ruang dan membantu penghijauan rumah dengan lahan kecil.

Ada juga hal tambahan yang harus dipikirkan selain penghijauan rumah ini, seperti cara merawat tanaman rambat hias. Itu agak sederhana dan mudah. Ya!

Kenali Karakteristik Tanaman Merambat

Dalam pengenalan sifat-sifat ini harus dipertimbangkan sebelum kamu berencana untuk menanam tanaman merambat. Contohnya termasuk apakah pohon anggur cocok untuk area tempat kamu tinggal serta bagaimana tanaman itu berkembang serta suhu dan jumlah cahaya yang dibutuhkan dan sebagainya.

Bentuk daun adalah aspek lain yang perlu dipertimbangkan. Hal ini disebabkan tanaman yang memiliki daun besar dan tebal membutuhkan jarak yang lebih jauh di antara mereka saat ditanam. Tujuannya adalah untuk membantu tanaman berkembang dan tumbuh dengan bebas. Penataan ini membuat penataan tanaman lebih rapi.

Pemangkasan Reguler

Berdasarkan The Spruce, rooting tanaman merambat bisa jadi sulit ketika mereka berada di lingkungan yang tepat dan mungkin memerlukan pemangkasan rutin untuk memastikan mereka terkendali. Bagian yang dipotong dapat digunakan untuk menanam di tempat lain. Potong bagian yang kamu butuhkan.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Morfologi Dari Tanaman Wortel yang Perlu kamu Tahu!

Namun juga dilakukan pada bagian tumbuhan. Caranya adalah dengan menggunakan alkohol untuk mendisinfeksi alat pemangkasan di sela-sela tanaman. Potong tanaman merambat yang sakit atau rusak. Potong bagian tepi tanaman yang melebihi batas untuk memastikan pertumbuhannya seragam. Potong sekitar satu inci di atas simpul daun untuk merangsang pertumbuhan baru.

Penyiraman dan Pemupukan

Mirip dengan jenis tanaman lain yang membuat ornamen indah, tanaman merambat juga membutuhkan pengairan. Pastikan untuk menyiramnya dua kali sehari seperti di pagi dan sore hari. Tidak perlu berlebihan sampai tanah menjadi basi, karena tanaman merambat akan tumbuh cukup subur tanpa disiram. Penyiraman dilakukan sampai media tanaman basah.

Pemupukan tanaman rambat hias dapat dilakukan pada masa pertumbuhan, karena setelah tanaman tumbuh akan menjadi lebih lebat. Namun, kamu dapat mengubahnya agar sesuai dengan spesifikasi tanaman kamu.

REKOMENDASI:  3 Cara Merawat Tanaman Lili Paris Dengan Baik Dan Benar

Dukungan Pabrik Tambahan

Jika kamu memiliki tanaman rambat hias yang menghasilkan buah, seperti markisa atau anggur Sebaiknya berikan dukungan tambahan untuk memastikan bahwa akar tanaman yang tumbuh mampu menutupi lebih banyak ruang. Dimungkinkan untuk menggunakan teralis untuk membantu mendukung buah yang tumbuh di dalam tanaman. Dengan tempat teralis, tanaman juga bisa membuat ruang dan tampil lebih rapi di taman kamu. Tanaman dapat tumbuh ke atas atau ke bawah berdasarkan cara kamu mengelola kebun kamu.

Pemberantasan Hama dan Jamur

Varietas tanaman merambat tertentu rentan terhadap jamur dan serangga. Jamur penyebab busuk daun bisa karena infeksi tanaman lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghilangkan area yang sudah terkena untuk mencegah penyebabnya. Pencegahan dapat dilakukan melalui penyemprotan fungisida ad-hoc yang dapat kamu buat sendiri.

Hama yang biasanya datang ke pintu kamu adalah ulat dan kutu yang memakan daun kamu, menciptakan lubang. Mereka dapat dibunuh dengan insektisida alami yang tepat sehingga tidak membunuh serangga yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.