5 Cara Mengajukan Asuransi Mobil Agar Diterima

5 Cara Mengajukan Asuransi Mobil Agar Diterima

Jika kamu memiliki mobil, sebaiknya lindungi mobil kamu dengan mengasuransikannya. Jika suatu saat terjadi kecelakaan yang berdampak pada keempat roda kendaraan kamu, maka asuransi ini akan membantu untuk membayar biaya tanggungan kamu atau pengeluaran lainnya sesuai dengan ketentuan polis asuransi.

Namun, ketika kamu mengajukan klaim asuransi, ada kemungkinan klaim kamu dapat ditolak di tangan perusahaan tempat kamu mengasuransikannya. Ada berbagai macam alasan yang bisa menyebabkan ditolaknya asuransi setelah kamu mengajukan klaim. Paling sering, klaim yang kamu ajukan tidak memenuhi aturan perusahaan asuransi atau informasi yang diberikan tidak lengkap. Untuk mengurangi kemungkinan penolakan klaim asuransi kendaraan, berikut beberapa panduannya terlebih dahulu.

Lengkapi Dokumen Penting Kemudian Isi Formulir Klaim Dengan Benar

Tentu saja, kamu tidak pergi ke kantor asuransi setiap kali kamu mengajukan klaim, Untuk menghindari hal tersebut, tinjaulah keadaan dan lebih teliti dalam membuat dokumen-dokumen yang diperlukan antara lain fotokopi kontrak asuransi, fotokopi STNK, fotokopi SIM dan KTP beserta formulir klaim asuransi serta surat pernyataan resmi dari pihak asuransi dan polisi yang membenarkan kejadian tersebut. Selain itu, pedoman klaim asuransi yang harus dipertimbangkan saat mengajukan klaim harus selalu memuat rincian yang benar sesuai dengan pernyataan polis.

REKOMENDASI:  6 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus

Jangan Lewatkan Masa Tenggang

Sebagian besar asuransi memiliki tanggal kedaluwarsa tertentu. Ketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan perusahaan asuransi mobil untuk memproses klaim asuransi. Ini karena setiap perusahaan asuransi mungkin memiliki waktu masing-masing. Ini harus diperhitungkan untuk memastikan bahwa asuransi tidak akan menolak klaim kamu.

Ketahui Peristiwa Apa yang Tidak Ditanggung oleh Asuransi

Periksa kembali untuk melihat peristiwa mana yang termasuk dalam pertanggungan asuransi kamu. Pasalnya, setiap perusahaan asuransi memiliki peraturan masing-masing dari yang lainKamu harus teliti saat membaca peraturan perusahaan asuransi tersebut, agar pada akhirnya saat kamu mengajukan asuransi prosesnya bisa cepat.

REKOMENDASI:  Waktu Yang Tepat Bagi Milenial Untuk Mempunyai Asuransi Jiwa

Jangan Lupa Sertakan Dokumentasi Bukti Kerusakan Mobil Yang Dialami

Untuk membuktikan bahwa kamu dapat membuktikan bahwa kendaraan kamu rusak, pastikan untuk melampirkan gambar yang menunjukkan keadaan komponen kamu yang rusak. Sehingga pihak asuransi tidak ragu lagi atas kerusakan yang kamu alami, dan klaim diterima oleh perusahaan asuransi.

Penting untuk tidak menunda pengambilan gambar kerusakan untuk memastikan bahwa perusahaan asuransi yakin dan tidak percaya bahwa kerusakan disebabkan oleh tindakan yang disengaja.

Proses Pengajuan Klaim Asuransi Kendaraan

Sebenarnya, mengajukan klaim pada asuransi mobil kamu tidak terlalu rumit. Perusahaan asuransi akan memeriksa keabsahan dalam dokumentasi yang kamu berikan serta formulir yang kamu isi. Jika persyaratan telah diperiksa dan klaim sesuai dengan persyaratan polis, perusahaan asuransi akan menerima klaim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.