5 Cara Menambah Tinggi Badan

5 Cara Menambah Tinggi Badan

1. Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Ada kepercayaan lama bahwa makanan berkalsium tinggi dapat membantu menambah tinggi badan. Namun, ide ini belum dibuktikan melalui penelitian ilmiah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak kalsium dapat meningkatkan kesehatan tulang dan meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak. Penelitian lain menunjukkan bahwa kadar kalsium yang tinggi juga dapat berkontribusi pada perkembangan osteoporosis pada orang dewasa. Penting untuk mempertimbangkan sumber kalsium saat mendiskusikan apakah konsumsi tinggi bermanfaat untuk menambah tinggi badan atau tidak. Beberapa makanan kaya akan kalsium, sementara yang lain tidak begitu terkenal.

2. Makan Lebih Sering

Makan Lebih Sering untuk Menambah Tinggi Badan. Makan lebih sering dapat membantu Anda menambah tinggi badan. National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan setidaknya dua kali makan per hari. Ini akan membantu Anda mendapatkan nutrisi dan energi yang Anda butuhkan untuk tumbuh lebih tinggi. Anda juga perlu memastikan bahwa makanan yang Anda makan tinggi protein dan serat. Nutrisi ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Jika Anda mengonsumsi makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak, maka tubuh Anda tidak akan mampu menciptakan hormon yang dibutuhkan untuk pertumbuhan.

REKOMENDASI:  5 Tips Agar Janin Sehat Dan Sempurna

3. Hindari Gula Dan Lemak

Gula dan lemak adalah dua zat yang paling umum dikonsumsi orang setiap hari. Makanan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda, termasuk tinggi badan Anda. Mengkonsumsi terlalu banyak gula atau lemak dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Penyakit ini juga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya, seperti osteoporosis dan radang sendi. Obesitas juga mempengaruhi tinggi badan Anda secara negatif dengan menyebabkan Anda memiliki kerangka yang lebih kecil dan kepadatan tulang yang menurun. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak gula atau lemak dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis seperti depresi, kecemasan, dan asma. Jika Anda ingin menambah tinggi badan, penting untuk menghindari zat-zat ini sama sekali. Ada banyak makanan sehat yang akan membantu Anda mencapai tubuh yang Anda inginkan tanpa bergantung pada gula atau lemak.

REKOMENDASI:  4 Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

4. Olahraga Secara Rutin

Olahraga teratur dapat membantu menambah tinggi badan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, orang dewasa yang melakukan aktivitas fisik intensitas sedang selama setidaknya 150 menit setiap minggu memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Selain itu, aktivitas fisik secara teratur telah dikaitkan dengan peningkatan kepadatan dan kekuatan tulang, yang juga dapat menyebabkan perawakan lebih tinggi.

REKOMENDASI:  Menjaga Kesehatan Mata Di Era Digital

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Meningkatkan konsumsi makanan bergizi, seperti buah dan sayur, merupakan salah satu cara untuk menambah tinggi badan. Sebuah studi di European Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi lebih dari 5 porsi buah dan sayuran sehari memiliki risiko lebih rendah terkena obesitas dan penyakit terkait, seperti diabetes tipe 2. Makanan ini juga merupakan sumber serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik, yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.