5 Cara Efektif Agar Tidak Ngantuk

5 Cara Efektif Agar Tidak Ngantuk

1. Minum Kopi

Orang sering berpikir bahwa kafein adalah satu-satunya hal yang dapat membantu mereka tetap terjaga dan fokus di siang hari. Namun sebenarnya ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan agar tidak mengantuk. Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah minum kopi secara teratur. Kopi telah terbukti membantu membuat orang tetap waspada dan fokus sepanjang hari. Ini juga membantu meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres. Minum kopi secara teratur juga dapat membantu Anda tetap berenergi sepanjang hari. Jadi jika Anda ingin menghindari kantuk, minum kopi adalah cara yang bagus untuk memulai.

2. Tidur Siang Sebentar Saat Jam Istirahat

Jika Anda seperti kebanyakan anak-anak, Anda suka istirahat. Tetapi jika Anda berjuang untuk tetap terjaga selama istirahat, ada cara untuk membuatnya lebih mudah: tidur siang sebentar.

REKOMENDASI:  Tips Agar Cepat Hamil Setelah Haid Selesai

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu meningkatkan mood dan konsentrasi Anda, dan bahkan dapat membantu Anda mempelajari informasi baru lebih cepat. Selain itu, tidur siang tidak akan mengganggu pekerjaan sekolah Anda – pada kenyataannya, tidur siang sebentar saat istirahat seringkali sama efektifnya dengan mengerjakan pekerjaan rumah.

Jadi, apakah Anda perlu istirahat sejenak atau penambah energi untuk sisa hari itu, cobalah tidur siang sebentar saat istirahat. Anda mungkin menemukan bahwa itu membantu Anda tetap fokus sepanjang hari!

3. Duduk Terlalu Lama

Duduk untuk waktu yang lama bisa menjadi tugas yang melelahkan, tetapi juga dikaitkan dengan mengantuk. Satu studi menemukan bahwa orang yang duduk lebih dari dua jam per hari lebih cenderung merasa mengantuk daripada mereka yang duduk dalam waktu yang lebih singkat. Hal ini kemungkinan karena duduk terlalu lama menyebabkan tubuh menghasilkan lebih sedikit energi, yang dapat menyebabkan kelelahan. Mungkin juga karena peningkatan tekanan darah dan detak jantung, yang keduanya dapat menyebabkan seseorang menjadi mengantuk. Untuk menghindari kantuk saat duduk, cobalah untuk bangun dan bergerak setiap 30 menit atau lebih, dan pastikan Anda memiliki banyak cairan jika Anda merasa lelah.

REKOMENDASI:  5 Cara Efektif Memutihkan Kulit Secara Alami

4. Membuat Ruang Kerja Tetap Terang

Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda mungkin menghabiskan banyak waktu untuk bekerja di kantor atau rumah Anda. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan uang dan mendapatkan pengalaman, tetapi juga bisa sangat menegangkan. Jika Anda tidak hati-hati, lampu yang terang dan lingkungan yang sibuk dapat mulai membuat Anda lelah. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menjaga ruang kerja Anda tetap terang tanpa tertidur:

1. Gunakan cahaya alami bila memungkinkan. Jika Anda bisa, cobalah untuk bangun dan berjalan-jalan setiap beberapa jam. Ini akan membantu memanfaatkan cahaya alami dan mengurangi kebutuhan akan pencahayaan buatan.

REKOMENDASI:  9 Tips Membeli Iphone Bekas Yang Mulus Dan Berkualitas

2. Jaga agar area tetap bersih dan teratur. Ini akan memudahkan Anda untuk menemukan apa yang Anda butuhkan saat Anda membutuhkannya.

3. Singkirkan semua gangguan dari area tersebut.

5. Mencuci Muka

Sering-seringlah mencuci muka untuk mengurangi kemungkinan ngantuk. Sebuah studi oleh University of Surrey menemukan bahwa orang yang mencuci muka setiap hari 43 persen lebih kecil kemungkinannya untuk tertidur di malam hari dibandingkan mereka yang tidak. Alasannya adalah bahwa tindakan mencuci muka merangsang aliran darah dan membuat Anda lebih waspada.