4 Jenis Monstera Paling Populer untuk Koleksi dan Budidaya

4 Jenis Monstera Paling Populer untuk Koleksi dan Budidaya

Monstera adalah salah satu tanaman hias yang paling banyak dicari. Bentuk daunnya khas dan khas. Beberapa jenis monstera sangat dicari karena kelangkaannya.

Tanaman hias tidak hanya cantik untuk rumah kamu tetapi juga menawarkan nilai jual yang sangat baik. Monstera juga disebut “janda bolong” adalah salah satu tanaman hias yang paling dicari dan mahal karena varietasnya yang unik.

Sebagai informasi lebih lanjut Sebagai informasi, produksi tanaman hias hingga akhir tahun sebesar 342,4 juta unit (buah/buah) menurut angka yang diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Ekspor tanaman hias pada tahun yang sama sebesar 4,2 juta kilogram atau setara dengan US$12 juta. 12,2 juta.

Popularitas bunga hias yang meningkat membuat minat untuk mengoleksi jenis tanaman tertentu seperti monstera meningkat, sehingga permintaan pun meningkat. Jumlah tanaman yang diminta sekarang jauh lebih besar daripada ketersediaannya pada harga pasar saat ini.

Kurangnya pasokan mengakibatkan harga melonjak. Karena permintaan meningkat dan pasokan terbatas dan tanaman semakin langka. Dengan cara yang sama, kenaikan harga berarti keuntungan yang lebih tinggi bagi pemasok.

Ada banyak jenis yang dapat diakses dengan biaya terjangkau. Untuk mempelajari lebih lanjut, baca artikel tentang berbagai jenis monstera.

1. Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa, juga dikenal sebagai Swiss Cheese Plant atau Hurricane Plant adalah jenis tanaman yang termasuk dalam famili Araceae. Istilah deliciosa mengacu pada lezat, yang mengacu pada buah-buahan yang dapat dimakan. Monstera berarti monstera yang mengacu pada dimensi tanaman yang memanjang hingga setinggi 9 meter (30 kaki).

REKOMENDASI:  Berikut 4 Manfaat Tanaman Buah Naga Merah Yang Harus Kamu Tahu

Menurut Universitas Purdue, monstera deliciosa bisa mencapai setinggi dua puluh meter saat berada di alam. Daunnya besar mengkilat, halus dan berbentuk hati. Panjangnya antara 25 dan 90 sentimeter (cm) dan lebarnya 25 hingga 75 sentimeter. Daun pada tanaman yang masih muda lebih pendek dan tidak putus-putus, tanpa lubang atau lobus. Mereka mengembangkan daun berongga ketika mereka tumbuh.

2. Monstera Adansonii

Monstera Adansonii terkenal dengan daun berbentuk hati yang indah. Tampaknya mirip dengan Monstera Deliciosa. Namun, jenis adansonii tidak sebesar jenis deliciosa. Selain itu daunnya memiliki lebih banyak lubang.

Tanaman ini dapat mencapai 1,5 meter untuk tanaman hias, dan setidaknya 4 meter jika digunakan sebagai tanaman rambat yang sebenarnya. Daunnya lonjong atau berbentuk hati dan membantu menyerap sinar matahari dengan efisien.

Monstera adansonii biasanya ditemukan di hutan hujan tropis, dan hanya membutuhkan sedikit sinar matahari untuk berkembang. Saat tumbuh, daunnya mulai membentuk lubang yang lebih besar.

3. Monstera Variegata

Monstera variegata adalah mutasi yang menyebabkan munculnya warna daun yang berbeda. Mutasi dapat dilihat dalam tiga warna berbeda termasuk hijau muda (olahraga) dan kuning (aurea) atau putih/krem (albo).

REKOMENDASI:  5 Jenis Tanaman yang Memiliki Daun Kecil dan Indah

Beberapa contoh monstera variegata adalah monstera deliciosa albo variegata, monstera deliciosa aurea variegata, monstera deliciosa sport variegata, monstera borsigiana albo variegata, dan lain-lain.

Ada dua jenis spesies variegata yang dapat ditemukan di daun, termasuk sektoral dan marmer. Variegata marmer menampilkan bintik-bintik gelap dan terang yang tersebar merata di setiap permukaan. Dalam kasus variegata sektoral, ada bintik-bintik putih yang muncul di daun. Satu daun bisa menjadi inang variegata.

Monstera variegata adalah harga yang mahal karena kelangkaan dan kekayaannya. Kandungan klorofil yang tidak mencukupi pada daun menunjukkan bahwa ia membutuhkan cahaya yang lebih besar dan berkembang lebih lambat. Pertumbuhan yang lebih lambat akan berarti hasil yang lebih rendah, yang berarti tanaman lebih kecil.

4. Monstera Dubia

Monstera dubia adalah sejenis tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Di habitat tropis, spesies dubia dapat ditemukan di pohon serta spesies tanaman besar lainnya.

Monstera dubia terkenal dengan perubahan spektakuler pada daunnya saat mulai dari tahap benih hingga memanjat batang pohon atau permukaan lainnya. Juvenile dubia dibedakan oleh daun kecil berbentuk hati yang berwarna hijau terang dan gelap.

Tanaman membutuhkan ruang untuk menyebar. Karena daunnya yang rata, cara paling efektif untuk merawat dubia jenis ini adalah dengan menggunakan papan kayu sederhana untuk menopang tanaman merambat, dan untuk memamerkan keindahannya. Monstera dubia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.