4 Cara Mengatasi Mobil Injeksi Mogok

Kebanyakan mobil produksi modern, di atas tahun 2000, tidak lagi menggunakan karburator, melainkan menggunakan sistem injeksi. Mobil dengan karburator akan beroperasi secara manual tanpa membutuhkan tenaga listrik. Mobil bisa ditarik untuk menghidupkan mesin, kemudian bahan bakar bisa masuk ke ruang bakar.

Ini jelas akan berbeda dengan sistem injeksi, karena karburator kini digantikan mesin injektor. Aliran listrik akan menentukan kinerja injeksi. Tanpa aliran listrik atau bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, injeksi tidak akan bekerja. Mesin injeksi tidak akan menguras bahan bakar jika baterai tidak mampu menghantarkan listrik. Mobil injeksi akan berhenti bekerja jika rusak. Mobil injeksi tidak akan hidup jika didorong ketika telah berhenti bekerja. Sebelum mengetahui cara memperbaiki injeksi yang rusak, tentukan dulu penyebab masalahnya. Kemudian kamu dapat mengatasinya nanti.

Cara Mengatasi Mobil Injeksi Mogok

Kondisi Busi Rusak

Kondisi busi yang rusak menjadi salah satu penyebab mobil injeksi bisa berhenti bekerja. Pengoperasian mesin injeksi dapat dipengaruhi oleh busi yang rusak atau matiKamu akan melihat breet melambat atau merasa. Penting untuk memeriksa komponen busi. Setel celah celah busiKamu harus mengganti komponen tersebut jika kondisinya terlalu parah.

Filter Fuel Plump Kotor

Mobil injeksi yang memiliki filter fuel montok yang kotor juga bisa menjadi penyebab mogok di tengah jalan. Pasokan bahan bakar akan berkurang jika ada kotoran di filter fuel plump. Hal ini dapat menyebabkan mesin injeksi gagal. Hal ini dapat diatasi dengan membuka filter fuel plump. Itu harus dibersihkan dari kotoran atau debu.

Fuel Plump Rusak

Bahan bakar mungkin rusak atau tidak berfungsi, yang akan menyebabkan mobil injeksi tersendat dan akhirnya mogok. Tekanan bahan bakar akan turun jika terjadi kerusakan pada fuel plump. Tumpukan bahan bakar yang rusak juga dapat menyebabkan mobil tidak dapat dihidupkan. Ini dapat diperbaiki dengan menggantinya dengan komponen lain.

Throttle Position Sensor (TPS), Bermasalah

Mobil injeksi yang macet atau mogok di tengah jalan juga bisa disebabkan oleh TPS yang rusak dan bermasalah. Inilah sebabnya mengapa putaran mesin berfluktuasi antara 0 dan 100. Sensor ini terletak di throttle body. Sebaiknya segera bawa mboil ke bengkel profesional jika kamu tidak tahu apa saja komponennya.

REKOMENDASI:  AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Penyebab Mobil Injeksi Tidak Bisa Hidup

ISC Valve Tertutup

Katup ISC mengatur aliran udara ke mesin saat katup gas menutup. Katup ISC ini harus dibuka saat mesin dalam keadaan idle. Namun, jika terjadi kesalahan, katup ISC akan menutup. Ini mencegah aliran udara dari mesin, atau mengurangi aliran udara.

Untuk menyalakan mesin, kamu membutuhkan udara, bensin, bunga api, dan keduanya. Mesin tidak akan hidup jika salah satu kondisi ini tidak terpenuhiKamu biasanya dapat mendeteksi kerusakan katup ISC dengan mencari tanda-tanda seperti peningkatan RPM idle atau mesin mati.

Jika kamu melihat tanda-tanda ini, lepaskan katup ISC dari throttle body. Selanjutnya, periksa jarum untuk kerusakan dan gerakkan maju mundur. Kerusakan katup ISC dapat disebabkan oleh jarum yang macet atau kotor. Bisa dibersihkan jika hanya kotor. Namun jika motor ISC sudah rusak, maka ISC harus diganti.

Fuel Pump Mati

Pompa bahan bakar pada mobil injeksi digunakan tidak hanya untuk mengalirkan bahan bakar ke mesin tetapi juga untuk menjaga tekanan bahan bakar tertentu. Agar bensin dapat mengalir keluar dari injektor, perlu dilakukan peningkatan tekanan bahan bakar.

Pompa bahan bakar adalah yang menaikkan tekanan bahan bakar. Pompa bahan bakar bertanggung jawab untuk meningkatkan tekanan bahan bakar. Jika turun, bensin tidak bisa disemprotkan dari injektor. Mesin tidak akan hidup jika tidak ada pasokan bensin.

kamu dapat mendeteksi kerusakan pada pompa bahan bakar dengan memutar kunci kontak ON. Pompa bahan bakar kemudian akan menyala selama kurang lebih 3 detik. Jika kunci kontak dalam posisi ON, kamu dapat mendengarkan arah gerakan tangki untuk mengetahui apakah ada suara mendengung.

Jika terdengar suara dengung. saat ini, kemungkinan fuel pumpala bekerja dengan baik. Namun, jika tidak ada suara yang terdengar, itu bisa mengindikasikan pompa bahan bakar mati. Beberapa mobil akan memiliki mesin periksa jika tekanan bahan bakar turun tetapi yang lain tidak.

REKOMENDASI:  Biaya Mutasi Dan Balik Nama Mobil

Selang Bahan Bakar Bocor

Selang bahan bakar mobil terbuat dari bahan plastik tebal yang ringan dan anti bocor, namun tidak elastis. Selang bisa pecah jika dipelintir sedikit.

Bahan bakar bisa bocor jika selang putus. Namun, ini bukan masalahnya. Jika bensin bocor dari saluran, tekanan bahan bakar akan turun. Oleh karena itu, sulit untuk menghidupkan mesin.

kamu dapat dengan mudah melihat tangki bahan bakar dengan memeriksa bagian bawah mobil kamu. fsistem uel mungkin bocor jika ada tetesan bensin. Jika kamu melihat hal ini, segera matikan kunci kontak dan periksa area tersebut dari kebocoran.

Busi Mati

Busi yang mati dapat menyebabkan masalah pada karburator dan mobil injeksi. Jika busi gagal, mesin tidak dapat dihidupkan. Hal ini jarang terjadi kecuali jika pemiliknya tidak rajin merawat mobilnya.

Hal ini karena mobil memiliki empat silinder yang berarti ada empat busi per mobil. Mesin tidak akan hidup jika salah satu busi gagal. Itu hanya akan lemas jika itu terjadi. Jika mesin memiliki tiga atau lebih busi yang rusak, biasanya karena kualitas busi yang buruk atau pemilik mobil yang lalai dalam memperbaiki kendaraannya.

Tegangan AKI Rendah

RPM engkol dapat dipengaruhi oleh tegangan baterai. RPM engkol mesin adalah jumlah putaran per menit. RPM engkol (sekitar 800-1000 RPM) harus tinggi agar mesin dapat bekerja dengan lancar. RPM engkol rendah dapat menyebabkan kesulitan dalam pembakaran, sehingga mesin sulit untuk dihidupkan.

Tegangan baterai yang lamban adalah salah satu penyebab turunnya RPM engkol. Elektrolit baterai yang lebih lemah atau kekurangan daya dapat menyebabkan voltase baterai melemah.

Saat voltase baterai turun, mobil sistem kelistrikan akan terpengaruh, seperti peredupan lampu atau klakson.

Jika baterai tidak mampu menghasilkan percikan, kamu dapat mengisinya. Jika elektrolit menjadi terlalu lemah, kamu dapat mengganti air baterai dengan yang kering.

Salah Satu Sensor Mesin Eror

Masalah pada salah satu sensor dapat menyebabkan mesin mobil injeksi sulit dihidupkan. Karena masalah sensor tidak terlihat dan hanya bisa dirasakan, maka harus diperiksa dengan pemindai.

Sensor yang rusak hanya akan menyebabkan mesin cek hanya berkedip. Jika lampu periksa engine menyala, sebaiknya hubungi bengkel. Itu hanya akan memperburuk jika dilakukan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.