3 Investasi Jangka Pendek Yang Aman Dan Menguntungkan

3 Investasi Jangka Pendek Yang Aman Dan Menguntungkan

Investasi menjadi pilihan banyak orang saat ini, bukan hanya sekedar menabung untuk ditabung. Investasi juga dianggap sebagai salah satu cara yang dapat digunakan untuk menjamin stabilitas keuangan di masa depan karena sewaktu-waktu kesulitan keuangan dapat menjadi kenyataan.

Untuk memberi kamu informasi lebih lanjut, ada tiga jenis investasi, yaitu investasi jangka menengah, jangka pendek, dan jangka panjang. Bila investasi jangka panjang biasanya dirancang untuk jangka waktu yang lebih lama dari 10 tahun. Namun, investasi jangka pendek dibatasi antara 1 dan 3 tahun. Artinya, investasi jangka pendek biasanya mudah dicairkan.

Apa yang membedakannya dari investasi jangka panjang terlihat dari tujuannya. Investasi jangka panjang biasanya dirancang untuk memenuhi tuntutan yang tidak mendesak dalam waktu dekat seperti keberadaan dana pensiun, kepemilikan aset ketika kamu mencapai tahun-tahun berikutnya dan sebagainya.

REKOMENDASI:  Manfaat Investasi Syariah

1. Deposito

Deposito adalah instrumen investasi untuk penggunaan jangka pendek yang populer di kalangan banyak orang karena aman dan mudah dipahami pengoperasiannya. Pelanggan akan memiliki berbagai pilihan untuk periode yang diinginkanyang dapat dimulai dari satu bulan 3 6, 12 dan hingga 24 bulan. Dimungkinkan untuk diperpanjang secara otomatis melalui sistem ARO (Automatic Roll Over).

Dalam hal pendistribusian investasi deposito, nasabah hanya dapat menarik kembali investasi depositonya pada saat jatuh tempo. Selain itu, tingkat pengembalian yang ditawarkan investasi deposito tidak terlalu tinggi. Dalam kebanyakan kasus, sekitar 5 persen, tetapi bisa berfluktuasi karena suku bunga acuan Bank Indonesia. Sadarilah bahwa ada pajak yang harus kamu bayar ketika kamu berinvestasi dalam tabungan.

2. Reksa Dana

Reksa dana adalah teknik investasi yang mengumpulkan uang dari investor yang kemudian dikelola oleh manajer investasi. Dana tersebut kemudian diinvestasikan dalam berbagai investasi oleh perusahaan manajemen investasi. Reksa dana populer di kalangan investor yang mencari investasi yang bertahan dalam waktu singkat karena mudah didaftarkan dan diisi ulang dananya serta tidak bebas pajak.

REKOMENDASI:  Investasi Emas BNI Syariah

Namun, tidak semua reksa dana dapat dikelola dalam jangka pendek karena jenis reksa dana tertentu memiliki risiko yang tinggi. Ini seperti reksa dana dengan saham atau dana yang bercampur. Jenis reksa dana yang ideal untuk investasi dengan jangka waktu pendek dan risiko rendah adalah reksa dana pasar uang. dan reksa dana pendapatan tetap.

Reksa dana yang berbasis pasar uang menawarkan pengembalian tujuh persen per tahun. Reksa dana pendapatan tetap dapat memberikan pengembalian 9 hingga 10 persen selama setahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.