15 Manfaat Buah Bengkoang

Bengkoang, juga dikenal sebagai Jicama, adalah sayuran akar yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Sayuran akar yang tampak tidak biasa ini memiliki rasa manis dan renyah, menjadikannya tambahan yang menarik dan sehat untuk diet Anda. Dari menjadi sumber serat makanan yang bagus hingga membantu menangkal penyakit tertentu, berikut adalah 15 manfaat buah bengkoang yang harus Anda ketahui.

1. Tinggi Serat: Bengkoang adalah sumber serat makanan yang bagus, mengandung 4,2 g per 100 g porsi. Serat sangat penting untuk sistem pencernaan yang sehat dan dapat membantu penurunan berat badan dan pencegahan penyakit kardiovaskular.

2. Rendah Kalori: Bengkoang rendah kalori, dengan hanya 30 kalori per 100 g penyajian. Hal ini menjadikannya tambahan yang bagus untuk rencana penurunan berat badan.

3. Tinggi Vitamin C: Bengkoang adalah sumber vitamin C yang bagus, dengan 8,4 mg per 100 g porsi. Vitamin C penting untuk kesehatan kekebalan tubuh, kesehatan kulit dan pembentukan kolagen.

4. Kaya akan Antioksidan: Bengkoang kaya akan antioksidan, yang membantu melawan efek merusak dari radikal bebas.

5. Sumber Zat Besi yang Baik: Bengkoang adalah sumber zat besi yang baik, dengan 0,7 mg per 100 g porsi. Zat besi diperlukan untuk produksi sel darah merah dan membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh.

6. Membantu Menurunkan Tekanan Darah: Kandungan kalium yang tinggi dalam bengkoang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

7. Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol: Kandungan serat yang tinggi pada bengkoang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

8. Baik untuk Kulit: Bengkoang kaya akan vitamin C, yang membantu produksi kolagen, menjaga kulit tetap terlihat muda dan sehat.

9. Membantu Mengurangi Peradangan: Bengkoang kaya akan antioksidan, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

10. Dapat Membantu Mencegah Kanker: Antioksidan dalam bengkoang dapat membantu melindungi sel dari radikal bebas dan mengurangi risiko jenis kanker tertentu.

11. Dapat Membantu Mengatasi Diabetes: Kandungan serat yang tinggi dalam bengkoang dapat membantu mengatur kadar gula darah.

12. Dapat membantu mengatasi anemia: Kandungan zat besi dalam bengkoang dapat membantu mencegah dan mengobati anemia.

13. Dapat membantu mengatasi masalah pencernaan: Kandungan serat yang tinggi dapat membantu meringankan sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

14. Dapat Membantu Mengurangi Stres: Kandungan magnesium yang tinggi dalam bengkoang dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

15. Tinggi Nutrisi: Secara keseluruhan, bengkoang adalah sumber vitamin dan mineral esensial.

Kesimpulannya, buah bengkoang adalah tambahan yang bagus untuk diet apa pun. Buah ini penuh dengan vitamin dan mineral esensial dan memberikan banyak manfaat kesehatan. Makan bengkoang secara teratur dapat membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah, membantu menangkal penyakit tertentu, dan bahkan meningkatkan kesehatan kulit. Jadi, pastikan untuk menyertakan sayuran akar yang unik ini dalam diet Anda untuk Anda yang lebih sehat!