1 Liter Bensin Berapa KM Untuk Mobil Avanza

1 Liter Bensin Untuk 15 KM Untuk Mobil Avanza

Siapa yang tidak mengenal mobil dengan slogan “Mobil Sejuta Umat” ini? Apa lagi bila bukan mobil Toyota Avanza. Coba saja lihat di jalanan, kamu pasti bisa melihat Toyota Avanza hilir mudik di sana. Dan aktivitas ini bahkan bisa kamu lihat hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Toyota Avanza juga dianggap sebagai mobil idaman keluarga. Selain harganya yang cenderung bersahabat dikantong, mobil Toyota Avanza ini juga diklaim hemat akan bahan bakarnya. Sistem bahan bakar yang terpasang pada mobil Avanza yakni electronic fuel injection dengan kapasitas tangki 45 liter, baik manual maupun automatic.

Toyota Avanza memiliki 4 tipe, masing-masing dua tipe manual dan dua tipe automatic. Tipe Toyota Avanza tersebut yakni 1.3 E dan 1.3 G. Untuk tipe manual menggunakan transmisi 5 speed manual, sedangkan untuk tipe automatic menggunakan transmisi 4 speed automatic.

Meski berbeda transmisi yang dipakai antara manual dan automatic, kapasitas semua tipenya sebesar 1.329 cc. Ada lagi persamaan lainnya dari keempat tipe mobil Toyota Avanza tersebut yakni tipe mesinnya sama IL, 4 Cylinder, 16V, DOHC, Dual VVT-i.

Berbicara mengenai mobil Avanza yang diklaim hemat akan bahan bakar, apakah kamu tidak penasaran ‘1 liter bensin berapa km untuk mobil avanza?’. Jika kamu penasaran, maka kali ini akan dibahas mengenai hal tersebut.  Hal ini juga bisa menjadi pembuktian apakah mobil Avanza memang hemat akan bahan bakarnya?

REKOMENDASI:  Cara Mengganti Ball Joint Avanza

Mesin mobil Toyota Avanza yang diusung dengan Teknologi Dual VVT-i juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Selain itu, mobil Toyota Avanza juga telah meninggalkan sistem mekanikal atau kabel, menggantinya dengan teknologi drive by wire dimana teknologi tersebut menjadikan bukaan gas lebih presisi.

Bukan itu saja, penggunaan busi iridium pada Toyota Avanza juga membuat pembakaran lebih baik, ditambah lagi dengan adanya sentuhan baru pada lubang injektor yang jumlahnya menjadi lebih banyak yakni sebanyak delapan buah. Lubang injektor tersebut dibuat kecil-kecil agar bahan bakarnya lebih mudah terbakar.

Hal-hal yang telah dipaparkan di atas, membuat tenaga mesin yang dihasilkan selalu optimal di setiap putaran menjadikan lebih irit. Adapun tiga point yang mensupport mobil Toyota Avanza menjadi irit akan bahan bakar bila ditinjau dari mesin pembakaran internal yakni pastikan pasokan udara, suplai bensin, dan pembakaran bekerja sesuai porsinya.

REKOMENDASI:  Cara Mengganti Kampas Rem Belakang Avanza

Semua kendaraan berjenis apapun apabila ia hemat akan bahan bakarnya sudah tentu akan menguntungkan pemiliknya. Mengapa? Karena jelas dapat menghemat pengeluaran, dong.

Terkhusus untuk mobil Toyota Avanza dimana keempat tipe yang telah disebutkan sebelumnya menggunakan mesin 1.329 cc. Mengutip dari berbagai sumber, bahan bakar pada mobil peehitungannya akan berbeda antara dalam kota maupun luar kota.

Untuk penggunaan dalam kota, konsumsi bahan bakar pada Toyota Avanza akan menghabiskan bahan bakar antara 8 km/liter sampai 10 km/liter. Sedangkan untuk penggunaan luar kota termasuk perjalanan di tol akan menghabiskan bahan bakar antara 13 km/liter sampai 15 km/liter.

Bila dihitung berdasarkan kapasitas pada Toyota Avanza dengan tangki sebesar 45 liter. Maka bisa diperhitungkan sebagai berikut:

  1. Penggunaan dalam kota
  • 45 liter × 8 km/liter = 360 km
  • 45 liter x 10 km/liter= 450 km
  1. Penggunaan luar kota
  • 45 liter x 13 km/liter = 585 km
  • 45 liter x 15 km/liter = 675 km
  1. Jika mobil Toyota Avanza digunakan untuk perjalanan dalam dan luar kota, maka diestimasikan bisa melakukan perjalanan sejauh 472,5 km hingga 562,5 km untuk kapasitas 45 liternya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.